Gedung Pertunjukan Seni Dewi Asri ISBI Bandung Terbakar, Kerugian Capai Rp 500 Juta

Gedung Pertunjukan Seni Dewi Asri ISBI Bandung Terbakar, Kerugian Capai Rp 500 Juta

Kebakaran di Gedung ISBI Bandung Selasa, 13 Juni 2023. --Diskar PB Kota Bandung

Radar Jabar - Telah terjadi kebakaran di Institut Seni Budaya (ISBI) Bandung. Kebakaran tersebut mengakibatkan Gedung Pertunjukan Dewi Asri terbakar habis pada Selasa (13/6/2023) pukul 04.33 WIB.’

Salah satu saksi mata yang Bernama Radit Tajul (32), yang merupakan seorang staf audio UPT Ajang Gelar menyampaikan, bahwa sekitar pukul 04.00 WIB sedang diadakan gladi kotor untuk tugas akhir Jurusan Teater Fakultas Seni Pertunjukan.

Selanjutnya, Ia menjelaskan bahwa melihat ada api di atap Gedung yang semakin membesar. Saat melihat kebakaran berlangsung, Radit yang merupakan saksi mata, langsung menghubungi Diskar PB.

"Kami langsung melapor ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung," ujarnya, Selasa.

BACA JUGA:Gedung Pertunjukan di ISBI Bandung Terbakar, Begini Nasib Pagelaran Mahasiswa Teater

Menurut keterangan Humas Diskar PB, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Informasi objek yang terbakar ialah gedung pertunjukan dua lantai, dengan luas yang terbakar sekitar 670 meter persegi dari luas keseluruhan sekitar 750 meter persegi.

Menurut informasi yang beredar, kerugian atas kebakaran tersebut mencapai menurut pengelola, Fuji Ajeng, mencapai senilai Rp 500 juta.

Untungnya ada beberapa barang atau objek yang bisa terselamatkan berdasar keterangan Dede Priana selaku kabiro, yakni gedung Patanjala, gedung Karawitan, dan Prodi Bambu, serta bangunan Sunan Ambu dan Teater Kebun.

"Tak ada korban jiwa dalam kebakaran di ISBI ini. Kami menerjunkan dua unit pancar mako pusat, dua unit pancar UPT timur, satu unit pancar UPT selatan, satu unit pancar UPT barat, tiga unit tangki, dan satu unit rescue. Petugas melakukan pemadaman secara menyeluruh di area terbakar dan dilanjutkan dengan pendinginan dan pengecekan," ujar Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana.

Mendapat laporan adanya kebakaran, Diskar PB Kota Bandung mengirim 10 Unit mobil pemadam ke lokasi kejadian.

BACA JUGA:Rektor ISBI: Tak Bisa Gegabah Menentukan Karya Plagiasi

Tak menunggu waktu lama, petugas langsung melakukan pemadaman secara menyeluruh di area terbakar.

Setelah penanganan kebakaran hampir 2 jam, petugas akhirnya berhasil memadamkan api dilanjutkan dengan pendinginan dan pengecekan.

Sumber: