Jenis Beras dan Makanan yang Aman untuk Diabetes, ada Beras Merah hingga Gandum

Jenis Beras dan Makanan yang Aman untuk Diabetes, ada Beras Merah hingga Gandum

Salah satu makanan pokok yang menjadi sumber utama karbohidrat adalah nasi.--Sumber Gambar: iStock.com

RADAR JABAR- Salah satu makanan pokok yang menjadi sumber utama karbohidrat adalah nasi. Namun, nasi putih memilik karbohidrat yang tinggi gula sehingga pengidap diabetes diinstruksikan untuk membatasi mengonsumsinya.

Maka sebagai gantinya, ada jenis beras dan makanan untuk penderita diabetes, seperti beras merah, beras basmati, jagung, dan gandum. Berikut makanan yang dapat mengganti beras putih.

1. Beras Merah

Beras merah terkenal mengandung serat yang tinggi, juga vitamin, mineral, dan magnesium.

Kandungan serat inilah, yang membuat beras merah bermanfaat untuk sistem pencernaan, dan menurunkan resiko penyakit kronis, seperti diabetes.

Tekstur dan rasa beras merah tidak jauh berbeda dengan beras putih sehingga bisa membantu penderita diabetes tipe 2 yang terbiasa mengonsumsi nasi. Namun, dengan risiko lebih kecil.

Mengkonsumsi beras merah untuk diabetes bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan bisa menurunkan berat badan.

2. Beras Basmati

Beras basmati merupakan salh satu jenis beras paling sehat untuk [enderita diabetes. Jenis beras ini memiliki indeks glikemik sekitar 43 – 60, yang termasuk dalam kategori indeks glikemik rendah sampai sedang.

Jenis beras ini diketahui memiliki lebih banyak serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

3. Beras Hitam

Beras hitam memiliki IG yang lebih rendah dengan kandungan serat, vitamin, mineral, protein, dan antioksidan yang lebih tinggin dibandingkan nasi putih, bahkan beras merah. Dengan kandungan yang dimiliki bers hitam ini, menjadi salah satu alternatif untuk sumber karbohidrat penderita diabetes.

4. Jagung

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Jika dibandingkan dengan nasi putih, jagung lebih aman karena memiliki kalori yang lebih sedikit.

Selain itu, jagung juga mengandung serat sehingga proses pemecahan karbohidrat menjadi glukosa membutuhkan waktu lebih lama. Namun, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi jagung untuk pengganti nasi untu diabetes ini.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar ini termasuk karbohidrat yang tidak akan membuat penderita diabetes melonjak secara tiba-tiba. Rasa yang manis dan teksturnya yang lembut, ubi jalar tergolong memiliki indeks glikemik sedang yang baik di konsumsi diabetes sebagai makanan pengganti nasi karena mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah berbagai macam penyakit.

6. Gandum

Gandum adalah makanan pengganti nasi yang sehat untuk pasien diabetes. Gandum tergolong makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, yakni kurang dari 55.

Sumber: