Kabar Baik, Jalan Panyawungan yang Rusak Berat Segera Diperbaiki oleh Kabupaten Bandung

Kabar Baik, Jalan Panyawungan yang Rusak Berat Segera Diperbaiki oleh Kabupaten Bandung

Kondisi Jalan Panyawungan yang statusnya jalan kabupaten di Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yang rusak berat. -(Foto: Yanuar Baswata/Jabar Ekspres)-

Radarjabar.disway.id, CILEUNYI - Jalan Kabupaten Bandung yang rusak berat di wilayah Kecamatan Cileunyi akan segera diperbaiki pada Agustus 2022 mendatang.

Diketahui, perbaikan tersebut sebagai tindak lanjut rusaknya Jalan Panyawungan di Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung, Eri Hernawan menyampaikan, dana perbaikan sudah dianggarkan.

"Untuk jalan Panyawungan sudah ada dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) murni tahun 2022," kata Eri, Selasa (26/7).

Diketahui sebelumnya, rusaknya Jalan Panyawungan cukup parah. Prihatinnya, selain lubang yang tergolong dalam dan lebar, bisa berpotensi mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara.

"Alhamdulillah, baru proses field engineering (FE) pada Kamis pekan kemarin, insya Allah kemungkinan besar realisasinya pada bulan Agustus," ujar Eri.

Dia menjelaskan bahwa untuk Rencana Anggaran Biaya (RAB) terkait perbaikan Jalan Panyawungan itu dibuat oleh konsultan dan Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Jalan.

"Jika melihat perhitungan, Jalan Panyawungan yang akan diperbaiki panjangnya kurang lebih (sekitar) lima puluh meter dengan lebar jalan delapan meter," ucapnya.

Kabar baik rencana perbaikannya Jalan Panyawungan tak lepas dari upaya pihak Desa Cileunyi Wetan dan Kecamatan Cileunyi.

Kepala Desa Cileunyi Wetan, Hari Haryono sempat menyampaikan bahwa sebelumnya Jalan Panyawungan sudah pernah dilakukan pemeliharaan dan dapat dinikmati oleh masyarakat dengan aman.

Akan tetapi, kondisi Jalan Panyawungan yang aktif kembali rusak, sehingga pihak Desa Cileunyi Wetan berupaya mengajukan perbaikan, sebab jalan tersebut asetnya milik Kabupaten Bandung.

“Pihak desa upayakan supaya pemeliharaan dan perbaikan Jalan (Panyawungan) bisa segera diperbaiki,” imbuhnya.

Pantauan sementara Jabar Ekspres di lokasi, kondisi rusaknya jalan Kabupaten yang berada tepat di sebelah kiri Jalan Raya Bandung-Garut itu cukup menyita perhatian.

Para pengendara baik roda dua atau empat, ketika menggunakan akses Jalan Panyawungan sangat berhati-hati.

Sumber: Jabar Ekspres