Pesepeda di Kota Bandung Masih Minim Taat Aturan Lalu Lintas

Pesepeda di Kota Bandung Masih Minim Taat Aturan Lalu Lintas

Rekaman CCTV Pesepeda menerobos lampu merah di Dago, Bandung (Ist)--

BANDUNG - Belum lama ini, terekam dalam kamera CCTV Dishub Kota Bandung adanya pesepeda yang menerobos lampu merah hingga tertabrak sepeda di kawasan Dago, Kota Bandung.

Koordinator Aksi Keselamatan Pesepeda Forum Komunikasi Pesepeda Bandung Raya, Windu Mulyana menyayangkan masih adanya Pesepeda yang berani menerobos lampu merah.

Menurut Windu, masih banyak pesepeda yang beranggapan jika pesepeda tidak wajib mengikuti aturan lalu lintas karena menganggap aturan lalu lintas hanya untuk kendaraan bermotor.

"Saya pikir masih banyak teman-teman pesepeda yang belum taat dengan aturan lalu lintas yang berlaku, karena memang sebagian dari teman-teman pesepeda ini menganggap pesepeda ini tidak wajib hukumnya mengikuti aturan lalu lintas karena pikirnya tidak bermesin," kata Windu dilansir dari PRFM, Rabu (14/7) kemarin.

Windu menyebutkan, paling banyak pelanggaran yang dilakukan pesepeda adalah menerobos lampu merah.

Padahal, pesepeda harusnya tetap wajib mengikuti aturan lampu lalu lintas demi keamanan dan keselamatan.

"Kalau melanggar aturan ya salah tetap salah. Dan yang kami hawatirkan itu sampai menimbulkan korban luka dan korban jiwa," paparnya.

Dengan adanya kejadian ini, Windu memastikan pihaknya dari gerakan Aksi Keselamatan Pesepeda Forum Komunikasi Pesepeda Bandung Raya, akan terus berupaya mengajak para pesepeda di Kota Bandung untuk taat berlalulintas.

"Jadi sebaiknya kita mematuhi (aturan lalin). Bukan kenapa-kenapa karena ini ada keselamatan di sini," tegasnya. (bbs)

Sumber: