Bupati Bekasi Minta Kader PKK Jadi Agen Perubahan untuk Atasi Kesenjangan

Senin 22-07-2024,21:58 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengajak kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa untuk menjadi agen perubahan yang hadir di tengah masyarakat guna memerangi berbagai persoalan kesenjangan.

"Dengan memberikan masyarakat kesempatan serta sumber daya yang diperlukan, PKK juga dapat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial," ujarnya saat mengukuhkan Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) Cekas tingkat desa dan kelurahan se-Kabupaten Bekasi di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Pemkab Bekasi di Cikarang, Senin (22/7).

BACA JUGA:Disdikpora Cianjur Selidiki Kasus Perundungan Siswi SMP: Bentuk Dua Tim Khusus

Dani menambahkan bahwa pengembangan program PKK melalui pelatihan, keterampilan, dan akses usaha bagi keluarga tidak mampu dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Upaya ini diharapkan dapat menjawab tantangan yang dihadapi Kabupaten Bekasi, seperti kasus stunting yang juga menjadi isu nasional.

BACA JUGA:Pemprov Jabar Jawa Revitalisasi Populasi Sapi Potong dan Perah Pasca Penurunan Akibat Wabah PMK

Menurut Dani, kegiatan pengukuhan ini merupakan momentum penting untuk terus menggerakkan hal positif demi kesejahteraan keluarga melalui peran kader PKK sebagai agen perubahan.

"Saya yakin sosok yang terpilih ini akan mampu bertugas dengan penuh dedikasi dan komitmen bersama. Mari kita manfaatkan dan saya berpesan agar Ketua TP PKK Desa segera mengambil langkah-langkah terencana, inovatif, dan inklusif," katanya.

BACA JUGA:Dukung Akses Sanitasi Aman untuk Masyarakat, CCEP Indonesia Luncurkan Program Safe Water Gardens di Karawang

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi Ria Sabaria Dani Ramdan menambahkan bahwa salah satu tugas utama kader PKK adalah menjembatani program-program pusat dengan pembinaan di tingkat kecamatan hingga desa.

"Alhamdulillah, sekarang ibu-ibu menjadi Tim Penggerak, itu adalah anugerah yang dipercaya oleh pemerintah dan tentu harus dijalankan sebaik-baiknya serta penuh tanggung jawab," ujarnya.

Ia berharap pengukuhan ini dapat menjadi stimulus bagi kader PKK untuk lebih semangat dalam memfasilitasi keluarga menuju kondisi yang lebih baik.

"Semoga semakin masif penetrasi yang dilakukan kader kami dengan pengukuhan ketua tim tingkat desa ini, sehingga mampu berkontribusi membantu pemerintah daerah menuntaskan kesenjangan sosial di masyarakat," tambahnya.*

Kategori :