Grab Indonesia Hadirkan 'GERCEP' Grab Respon Cepat sebagai Bentuk Perlindungan Mitra dan Solidaritas Kemanusia

Tampilan Layanan dalam HelpCenter Grab--Istimewa
Mereka bukan sekadar Mitra, tetapi pejuang jalanan, sahabat, dan bagian dari keluarga besar Grab yang tak tergantikan. Kisah-kisah ini menunjukkan bahwa inisiatif GERCEP bukan hanya soal menjaga kelancaran layanan, tetapi tentang kemanusiaan; tentang keberanian untuk hadir di sisi Mitra dan keluarganya di saat tersulit.
Dengan dihadirkannya GERCEP yang cepat, mudah diakses, dan terintegrasi dengan tim lapangan di berbagai kota, Grab ingin memastikan bahwa setiap Mitra dan keluarganya merasa tidak pernah sendiri. Perlindungan, pendampingan, dan penghormatan atas martabat manusia menjadi inti dari langkah ini, agar semangat kebersamaan dan solidaritas terus terjaga.
Komitmen Kemitraan yang Saling Menjaga
Langkah-langkah dalam inisiatif GERCEP ini menunjukkan bahwa skema kemitraan Grab dengan Mitra Pengemudi bukan hanya hubungan kerja sama biasa, melainkan ikatan yang saling menjaga. Grab memahami bahwa keberhasilan layanan hanya mungkin tercapai jika Mitra merasa aman, terlindungi, dan didukung penuh.
Karena itu, setiap program perlindungan darurat, dukungan kesehatan, hingga bantuan psikologis adalah bagian dari upaya Grab untuk memastikan kesejahteraan mitra selalu menjadi prioritas. Lebih jauh, semua inisiatif ini juga merupakan wujud nyata dari penggunaan komisi 20% yang dikelola Grab.
Komisi tersebut tidak hanya untuk mendukung operasional platform, tetapi juga dialokasikan kembali untuk melindungi, mendampingi, serta menjaga keberlanjutan para Mitra di lapangan. Dengan demikian, para Mitra dapat merasakan bahwa kontribusi mereka melalui skema kemitraan berbuah perlindungan nyata yang kembali kepada mereka sendiri.
Komitmen Jangka Panjang
Selain respons cepat di lapangan, Grab juga berkomitmen untuk terus memperkuat sistem perlindungan Mitra melalui:
● Edukasi Keamanan Berkala, dengan penyuluhan mengenai manajemen risiko di jalan raya dan langkah menghadapi kondisi darurat.
● Kolaborasi dengan Pihak Berwenang, agar Mitra mendapatkan akses dukungan keamanan yang lebih luas.
● Evaluasi Berkelanjutan, guna memastikan setiap langkah darurat benar-benar relevan dengan kebutuhan Mitra.
BACA JUGA:BATIC 2025: Pemimpin Global Ungkap Tren Teknologi yang Membentuk Kehidupan Masa Kini
Neneng menambahkan bahwa, “Keselamatan dan dukungan untuk Mitra Pengemudi adalah prioritas utama Grab. Kami menyadari bahwa situasi aksi penyampaian sikap di banyak kota bisa menimbulkan rasa khawatir. Melalui hotline darurat, kemudahan operasional, bantuan medis, hingga pendampingan dari tim satgas di lapangan, Grab ingin memastikan Mitra tidak pernah merasa sendirian. Kami akan terus hadir, mendampingi, dan berupaya sekuat tenaga agar Mitra dapat tetap merasa aman, terlindungi, dan didukung sepenuhnya.
“Kami menemukan banyak Mitra yang terdampak di berbagai kota akibat situasi ini. Kehadiran hotline khusus dan dukungan tambahan lain yang kami siapkan diharapkan dapat memberikan rasa tenang sekaligus memastikan mereka mendapatkan akses bantuan yang cepat dan menyeluruh. Kami ingin Mitra merasakan bahwa Grab selalu ada untuk mereka, terutama di saat-saat sulit seperti ini,” tutup Neneng.
Sebagai bentuk dukungan tambahan, Grab juga memperkenalkan fitur “Traktir Driver”, yaitu koleksi menu khusus bagi Mitra Pengemudi yang dapat dibeli oleh konsumen melalui aplikasi GrabFood. Menu ini dapat diakses dengan mudah melalui pencarian menggunakan kata kunci “traktir driver”. Inisiatif ini ditujukan untuk membantu para Mitra yang tetap harus bekerja memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dan tidak berkaitan dengan aksi penyampaian sikap, yang kami harapkan berjalan damai.
Saat ini sudah ada >6000 merchant yang berpartisipasi, termasuk sejumlah brand merchant ternama seperti Hangry Group, yang diharapkan dapat mendorong lebih banyak pihak untuk ikut serta memberikan dukungan. Lebih dari sekadar penyedia layanan, Grab Indonesia adalah keluarga besar yang tumbuh bersama para Mitra Pengemudi. Dalam suka maupun duka, kami akan terus berjalan beriringan, menghadirkan dukungan nyata, serta memastikan setiap Mitra merasakan kehadiran dan kepedulian yang tulus.*
Sumber: