Momen Euforia Shopee 12.12 Birthday Sale: Brand Lokal dan UMKM Sukses Tingkatkan Penjualan Hingga 7 Kali Lipat

Momen Euforia Shopee 12.12 Birthday Sale: Brand Lokal dan UMKM Sukses Tingkatkan Penjualan Hingga 7 Kali Lipat

dok. Istimewa--

JAKARTA -  Shopee sukses menutup kampanye akhir tahunnya melalui 12.12 Birthday Sale 2024, yang berlangsung dari 15 November hingga 12 Desember.

Kampanye ini memberikan dampak signifikan, khususnya dalam mendorong pertumbuhan penjualan produk dari brand lokal dan UMKM. Pada puncak kampanye, penjualan produk-produk tersebut meningkat hingga 7 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa, menunjukkan tingginya antusiasme pengguna terhadap produk lokal.

Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini berkat dukungan pengguna, komitmen para penjual, serta kolaborasi dengan konten kreator.

“Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup tahun 2024,” ujarnya.

Tren Belanja Akhir Tahun di Puncak Kampanye 12.12

Pada puncak kampanye 12.12, para pengguna memanfaatkan berbagai promo menarik hingga keseruan berbelanja secara interaktif melalui fitur Shopee, khususnya untuk berbelanja produk dari brand lokal dan UMKM. Hal ini berkontribusi pada lonjakan pesanan yang signifikan, dengan beberapa kategori produk yang menjadi favorit:

  1. Atasan dan Tas Wanita turut menjadi kategori brand lokal dan UMKM terfavorit pengguna dengan peningkatan pesanan hingga 7 kali lipat. Cardigan, Kemeja, dan Tas Selempang berhasil menjadi produk brand lokal dan UMKM pilihan pengguna sebagai salah satu opsi outfit akhir tahun.

  2. Permintaan akan produk lokal di kategori Kosmetik Wajah serta Parfum & Wewangian juga ikut meningkat hingga 11 kali lipat. Para pengguna mulai mempersiapkan diri menyambut perayaan akhir tahun, Bedak Wajah, Lipstik, dan Eau de Parfum menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli.

  3. Masyarakat juga memanfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhan di rumah, terlihat dari kategori Kebersihan & Binatu meningkat hingga 18 kali lipat. Pada puncak kampanye, pengguna memanfaatkan promo untuk membeli produk Sabun Cuci Piring, Pewangi Pakaian, dan Detergen yang menjadi produk lokal yang populer di kategori ini. 

Peran Fitur Interaktif dalam Pengalaman Belanja

Shopee mengamati bahwa tren belanja interaktif terus mengalami pertumbuhan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Shopee terus menghadirkan berbagai program dan fitur inovatif guna menciptakan ekosistem yang lebih dinamis.

BACA JUGA:Shopee 11.11 Big Sale: Pacu Pertumbuhan Brand Lokal dan UMKM dengan Lonjakan Penjualan 7,5 Kali Lipat

BACA JUGA:Jangan Sampai Telat, Ini Cara Bayar Shopee Paylater

Tidak hanya mempermudah transaksi, program dan fitur tersebut juga bertujuan mempererat hubungan antara pengguna, penjual, dan konten kreator. Salah satu fitur unggulan, Shopee Live, mencatat lonjakan transaksi lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM.

Sumber: