PJ Sekda Kabupaten Bogor Tekankan Reformasi Birokrasi untuk Indonesia Emas

PJ Sekda Kabupaten Bogor Tekankan Reformasi Birokrasi untuk Indonesia Emas

PJ Sekda Kabupaten Bogor-RJ-

RADAR JABAR - PJ Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, menekankan pentingnya reformasi birokrasi sebagai langkah strategis untuk mencapai Indonesia Emas. Ia mendorong seluruh pegawai negeri sipil (PNS) agar berupaya meningkatkan citra dan kualitas birokrasi di tingkat kabupaten.

Ajat pun memaparkan konsep 3 on 3 dalam penyelenggaraan pemerintahan, yang mencakup tiga tugas utama pemerintah yaitu pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. 

Namun, ia menekankan bahwa ketiga pilar pembangunan seperti sosial, ekonomi, dan lingkungan harus menjadi panduan utama dalam menjalankan tugas pemerintahan, terutama bagi pegawai Dinas Pendidikan (Disdik).

"Nah itu nanti akan berpengaruh terhadap beberapa nilai reformasi birokrasi kita, kan sudah banyak ya langkah-langkah tentang digitalisasi, pengelolaan aset, dan itu yang sampai ke tahapan, itukan semua harus dilakukan secara continue dan memang lebih mengutamakan semangat kita ya didalam melakukan pelayanan masyarakat, intinya itu," tegas Ajat Rochmat Jatnika kepada wartawan pada Senin (21/10/2024).

BACA JUGA:PJ Bupati Bogor Buka Kompetisi Futsal Peringati Sumpah Pemuda

BACA JUGA:Pemkab Bogor Optimis Pencapaian Anggaran Akan Meningkat Lebih dari 60 Persen

Mantan kepala Bappedalitbang ini juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bukanlah tindak lanjut dari rapat MCP, melainkan bagian dari roadshow untuk mengedukasi dan memotivasi pegawai di berbagai instansi, termasuk Dinas Pendidikan (Disdik). 

Menurutnya, SDM yang berkualitas adalah kunci dari suksesnya reformasi birokrasi, dan Dinas Pendidikan, dengan jumlah SDM yang besar, memiliki peran vital dalam mendorong perubahan positif ini.

"Reformasi birokrasi adalah sistem nasional yang terus dievaluasi, dan tujuan akhirnya adalah mewujudkan Indonesia Emas. Jika kita tidak bergerak, tidak akan ada dampak. Karena itu, kita harus terus bergerak dan berdampak," tutup Ajat, seraya mengajak seluruh pegawai untuk mengambil peran aktif dalam perjalanan menuju Indonesia Emas.

Sumber: