Usahakan Timnas Indonesia Dapat Keadilan Atas Timnas Bahrain, PSSI Akan Kirim Surat Protes ke FIFA

Usahakan Timnas Indonesia Dapat Keadilan Atas Timnas Bahrain, PSSI Akan Kirim Surat Protes ke FIFA

Wasit asal Oman, Ahmed Al-Kaf, memberikan isyarat selama pertandingan sepak bola Grup B Piala Asia AFC 2023 antara Uzbekistan dan Suriah yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, pada 13 Januari 2024.-ANTARA/Hector Rectamal-

RADAR JABAR - PSSI akan mengirimkan surat protes kepada AFC dan FIFA terkait hasil pertandingan antara Indonesia vs Bahrain, yang dipenuhi oleh keputusan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf.

PSSI menganggap wasit asal Oman tersebut memimpin pertandingan dengan tidak adil. Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, secara terbuka menyatakan kekecewaan mereka terhadap kepemimpinan wasit itu.

Insiden yang memuncak terjadi pada akhir pertandingan yang berakhir imbang 2-2, di mana Indonesia sempat unggul 2-1.

Meski waktu tambahan hanya enam menit, wasit tidak menghentikan permainan setelah waktu injury time berlalu, dan Bahrain berhasil mencetak gol penyeimbang melalui Mohmed Marhoon pada menit ke-90+9.

BACA JUGA:STY Enggan Timnas Indonesia Terbebani Memori Kekalahan 0-10 atas Bahrain

BACA JUGA:Ketum PSSI Beri Apresiasi Tinggi untuk Perjuangan Timnas U-20 Menuju Piala Asia U-20

Gol tersebut diduga offside, namun wasit tidak menggunakan VAR untuk meninjau. Pemain Indonesia di bangku cadangan memprotes keras keputusan tersebut, hingga Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji, mendapat kartu merah.

Setelah gol itu, wasit akhirnya meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kedua tim harus puas dengan hasil imbang 2-2 dalam laga ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, pada Kamis (10/10/2024).

"Kami sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Dia seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol," kata Arya Sinulingga, Jumat (11/10/2024) dilansir dari bolasport.

Arya Sinulingga menyampaikan bahwa PSSI akan segera mengirim surat protes dalam waktu dekat. PSSI berharap AFC dan FIFA meninjau kepemimpinan wasit Ahmed Abu Bakar Al Kaf.

Selain itu, PSSI merasa terkejut karena wasit yang memimpin pertandingan tersebut berasal dari federasi sepak bola yang sama, yakni Federasi Sepak Bola Asia Barat (WAFF), yang juga mencakup Bahrain dan Oman.

"Ya kami akan kirim surat protes," kata Arya Sinulingga.

Timnas Indonesia tetap berada di peringkat 129 dunia setelah hanya menambah 4,39 poin di peringkat FIFA. Saat ini, Indonesia memiliki total 1128,56 poin setelah tambahan tersebut.

Dalam pertandingan ini, gol Indonesia dicetak oleh Ragnar Oratmangoen pada menit 45+2 dan Rafael Struick pada menit ke-74, sementara Bahrain mencetak gol melalui Mohamed Marhoon pada menit ke-15 dan 90+9.

Sumber: