Airlangga Hartarto Resmikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

Airlangga Hartarto Resmikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan pabrik baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) ramah lingkungan pertama di Indonesia. Pabrik baterai tersebut berlokasi di Kawasan Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE),--ANTARA/HO-Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

“Saya monitor alat berat yang dioperasikan di sini seluruhnya berbasis elektrik. Kita mengapresiasi bahwa kawasan ini mendukung target zero emission di pertambangan dan industrinya. Karena statusnya sebagai Proyek Strategis Nasional, maka tentu kerja sama dengan aparat TNI/Polri menjadi penting karena ini aset nasional. Saya harap dengan adanya kolaborasi ini bisa menunjang industri kita untuk transisi dari energi fosil menjadi new energy,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga secara simbolis menyerahkan Sertifikat Tanah kepada 10 warga setempat. Acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti yang menandai dimulainya proses peletakan batu pertama.

Secara keseluruhan, sejumlah Kawasan Industri di Kabupaten Morowali berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Pada tahun 2023, Kabupaten Morowali mencatat pertumbuhan PDRB sebesar 20,34 persen, dengan industri pengolahan menyumbang 72,72 persen dari total PDRB.

Sebelumnya, diketahui pada 2023, Kabupaten Morowali mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 20,34 persen, dengan industri pengolahan menyumbang 72,72 persen dari PDRB daerah tersebut.*

Sumber: antara