Selasa Ini, BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan dan Hujan Ringan

Selasa Ini, BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan dan Hujan Ringan

Selasa Ini, BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan dan Hujan Ringan -ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay/ Mint_Foto Mint_Foto))

RADAR JABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem di beberapa kota besar Indonesia pada Selasa.

Dalam laporan resminya, Prakirawan BMKG, Cici Sucianingsih, menjelaskan bahwa daerah konvergensi memanjang di Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik Timur Filipina menyebabkan kondisi cuaca yang berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas beragam di berbagai wilayah.

BMKG memperkirakan beberapa kota besar seperti Banda Aceh, Medan, Sorong, Manokwari, dan Merauke akan mengalami hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang. Kondisi ini dipicu oleh pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis serta aktivitas low level jet di daerah konvergensi dan konfluensi.

Kota-kota lain yang diprediksi akan mengalami hujan ringan hingga sedang antara lain Pekanbaru, Tanjung Pinang, Jambi, Kupang, Tanjung Selor, Ambon, Nabire, Jayapura, dan Jayawijaya.

 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: Tiga Belas Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Ringan

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Kamis: BMKG Prediksi Jakarta Berawan Sepanjang Hari, Kualitas Udara Masih Buruk

 

Selain hujan, beberapa kota besar lainnya diperkirakan hanya akan mengalami kondisi berawan, seperti Padang, Palembang, Bengkulu, Pangkal Pinang, Lampung, Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram, Palangkaraya, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Gorontalo, Manado, Mamuju, Makassar, Kendari, Palu, dan Ternate.

BMKG juga memprakirakan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia akan berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Warga yang tinggal di wilayah pesisir Sumatera Utara, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, dan pesisir barat Surabaya diminta waspada terhadap potensi banjir rob.

Di samping itu, BMKG memperingatkan adanya potensi kebakaran lahan yang sangat mudah terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera bagian selatan, Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan beberapa bagian Papua.

 

BACA JUGA:BMKG Umumkan 14 Daerah di Indonesia yang Berpotensi Mengalami Cuaca Ekstrem dan Berstatus Waspada

BACA JUGA:BMKG: Cuaca Cerah Berawan Akan Mendominasi Sebagian Besar Kota di Indonesia pada Jumat Siang

Sumber: beranda antara