Peringati HKG ke-52, Bupati Bandung: Peranan PKK Jangan Lepas Dalam Pembangunan

Peringati HKG ke-52, Bupati Bandung: Peranan PKK Jangan Lepas Dalam Pembangunan

Ratusan kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Kabupaten Bandung di Gedung Moch Toha Soreang, Selasa 27 Agustus 2024.--(sumber gambar: YSP /Radar Jabar)

BACA JUGA:Mathla'ul Anwar Tegaskan Dukungan untuk Kang DS dan Ali Syakieb di Pilbup Bandung 2024, Ini Alasannya

 

Sebab, kata ia, sudah 52 tahun PKK sudah bergerak dan peranan PKK sangat relevan dengan tugas di pemerintahan yang bertugas untuk mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Karena itu  perlu dibantu peran kader PKK dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, meningkatkan kualitas hidup dengan fokus pada kesehatan, pendidikan, dan ekonomi," ucapnya.

Pada kesempatan ini, Kang DS juga memberikan ucapan selamat atas peringatan HKG ke-52 PKK tingkat Kabupaten Bandung dan berharap PKK semakin eksis, maju, serta semakin memberikan kontribusi yang terbaik selaku mitra dari pemerintah daerah dan desa. 

Menurutnya, peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran PKK dalam membangun keluarga sejahtera dan masyarakat yang maju.

"Saat ini seluruh kader PKK sudah mendapatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan gratis dari Pemkab Bandung. Insya Allah, di APBD murni 2025 seluruh kader PKK akan mendapatkan insentif," bebernya.

Pemberian BPJS Ketenagakerjaan dan insentif itu, lanjut Kang DS, untuk memotivasi kader untuk terus aktif berkontribusi ke masyarakat dan membantu tujuan pemerintah daerah. 

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna dalam sambutannya menyatakan, HKG merupakan moment berharga dalam rangka mengevaluasi pencapaian PKK selama ini dan mempersiapkan langkah-langkah strategis ke depan.

"Selama 52 tahun perjalanan PKK sudah banyak berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bernagai program kegiatan untuk mewujudkan program keluarga sejahtera yang mandiri," kata Emma.

Kendati begitu, kata ia, keberhasilan PKK tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, baik dari pemerintah masyarakat serta seuluruh relawan dan stakeholder terkait lainnya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada kader PKK yang telah bekerja keras dalam mengedukasi masyarakat. Saya ucapkan pula selamat kepada para kader yang telah menjadi pemenang berbagai lomba dalam rangkaian peringatan HKG ke-52 tingkat Kabupaten Bandung," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, paparnya, digelar sejumlah perlombaan antara lain Lomba Senam Kreasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS), lomba paparan stunting yang diwakili oleh Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bandung, lomba cerdas cermat, lomba merias dan lomba menghias tumpeng.

Semua kegiatan rangkaian peringatan HKG PKK ke-52, tambahnya, dijadikan ajang penguatan komitmen dan konsisten bagi seluruh jajaran PKK di desa maupun kecamatan, agar lebih termotivasi dalam melanjutkan pembanguann Kabupaten Bandung yang semakin Bedas; Bangkit Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera.

"Terima kasih kepada Bapak Bupati Bandung atas pemberian insentif untuk kader PKK dan BPJS Ketenagakerajaan. Semoga program ini bukan saja berdampak kepada kader secara personal, namun bisa lebih jauh lagi harus bisa memotivasi kinerja kader menjadi semakin optimal," pungkasnya.(ysp)

Sumber: