BNPT Jamin Kesiapan Posko Operasi untuk Pengamanan HUT ke-79 RI di IKN

BNPT Jamin Kesiapan Posko Operasi untuk Pengamanan HUT ke-79 RI di IKN

Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Roedy Widodo (kanan).--ANTARA/HO-BNPT RI

RADAR JABAR - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bertanggung jawab memastikan pengamanan dan kesiapan posko operasi serta personel untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Roedy Widodo, mengungkapkan bahwa persiapan operasi pengamanan dilakukan dari tanggal 6 hingga 8 Agustus 2024.

Roedy menjelaskan bahwa kegiatan pengecekan mencakup posko utama di IKN serta posko taktis yang melibatkan intelijen pencegahan dan deradikalisasi, termasuk Subsatgas Pembinaan Masyarakat.

BACA JUGA:BPIP Jamin Peningkatan Kesiapan Calon Paskibraka Jelang Keberangkatan ke IKN

"Mulai dari pengecekan posko, baik posko utama yang ada di IKN sendiri, kemudian beberapa posko taktis yang digelar oleh intelijen pencegahan maupun deradikalisasi atau Subsatgas Pembinaan Masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (9/8).

Ia juga melaporkan hasil pengamanan kepada Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman dan Kapolda Kalimantan Timur, serta mengkoordinasikan upaya pencegahan ancaman terorisme dan penanggulangan terorisme di wilayah Kalimantan Timur.

BACA JUGA:Dukung Transformasi Digital Kawasan Industri Terpadu Batang, PLN Icon Plus Resmikan Network Operation Center

Dalam rangka persiapan akhir, Roedy berkoordinasi dengan pihak otorita IKN mengenai hunian yang telah dinilai. Selain itu, Polda Kalimantan Timur juga telah melaksanakan simulasi pergerakan pengamanan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia.

"Koordinasi dilakukan dengan para pejabat yang ada di otorita IKN terkait dengan berbagai hunian yang telah dilakukan asesmen," tuturnya. "Koordinasi dilakukan dengan para pejabat yang ada di otorita IKN terkait dengan berbagai hunian yang telah dilakukan asesmen," ujarnya.

BACA JUGA:Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Ajak Masyarakat Bersyukur atas Nilai Keagamaan di Indonesia

Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto menjelaskan bahwa simulasi ini bertujuan untuk mematangkan persiapan pengamanan.

"Kami adakan simulasi pergerakan matangkan persiapan pengamanan acara kenegaraan di Kota Nusantara," ujar Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (8/8).

Pengamanan HUT RI di IKN melibatkan berbagai elemen dari Polda Kaltim dan didukung oleh personel dari Mabes Polri, Polda Kalsel, Polda Kalteng, Paspampres, TNI, serta instansi dan pemangku kebijakan lainnya. Pengamanan ini akan berlangsung selama 10 hari, mulai dari 9 hingga 18 Agustus 2024.*

Sumber: antara