Menteri LH Kanada Sebut Kebakaran di kota Jasper Telah Dipadamkan Secara Keseluruhan

Menteri LH Kanada Sebut Kebakaran di kota Jasper Telah Dipadamkan Secara Keseluruhan

Kabut asap dari kebakaran hutan di Kanada--Xinhua

RADAR JABAR - Menteri Lingkungan dan Perubahan Iklim Hidup Kanada, Steven Guilbeault, pada Senin (29/7) menyatakan bahwa semua kebakaran hutan yang terjadi di Kota Jasper, Provinsi Alberta, Kanada, telah berhasil dipadamkan.

"Saya senang dapat melaporkan bahwa seluruh kebakaran di semua bagian kota telah dipadamkan," ujar Guilbeault dalam pembaruan informasi federal mengenai situasi kebakaran hutan di Jasper.

BACA JUGA:PM Israel larang 150 anak Palestina berobat ke UAE

Guilbeault menjelaskan bahwa tim saat ini sedang memperluas zona penyangga di sekitar kota dengan tambahan radius sejauh 3 kilometer.

Selain itu, aliran listrik sedang dipulihkan sebagai persiapan untuk pemulihan bertahap warga sipil kembali ke rumah mereka, meskipun belum ada jadwal pasti untuk proses kembalinya warga, tambahnya.

BACA JUGA:Penerbangan di Bandara Beirut Ditangguhkan Akibat Ancaman Israel

Namun, sejumlah kebakaran masih terus mengancam kota dan tim pemadam kebakaran sedang bekerja untuk menstabilkan situasi di seluruh Taman Nasional Jasper, tambah Guilbeault.

Sebelumnya, pada 23 Juli, penduduk Jasper dan individu di Taman Nasional Jasper diperintahkan untuk mengungsi ke wilayah tetangga, British Columbia, karena ancaman kebakaran hutan yang semakin mendekat.Sekitar 17.000 orang telah mengungsi dari rumah mereka untuk menghindari kobaran api kebakaran hutan.

BACA JUGA:Mesir Peringatkan Risiko Perang Baru di Lebanon dan Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Kebakaran tersebut bermula pada 24 Juli 2024 serta mencapai kawasan kota pada malam hari, menyebabkan kerusakan signifikan dan mendorong evakuasi. Situasi tetap kritis dengan upaya yang terus berlanjut untuk mengendalikan kebakaran dan mendukung mereka yang terdampak.

Penyebab pasti kebakaran tidak disebutkan dalam sumber-sumber tersebut, namun dikatakan bahwa kebakaran ini merupakan bagian dari kompleks kebakaran yang lebih besar yang mencakup dua kebakaran yang terjadi pada hari Senin (29/7) di Taman Nasional Jasper dan Kebakaran Hutan Utopia yang dimulai pada 19 Juli dekat Miette Hot Springs.*

Sumber: antara