Jokowi Klaim Jalan Berbukit di IKN Disenangi Arsitek, Tapi Belum Bisa Tidur Nyenyak

Jokowi Klaim Jalan Berbukit di IKN Disenangi Arsitek, Tapi Belum Bisa Tidur Nyenyak

Jokowi Klaim Jalan Berbukit di IKN Disenangi Arsitek-ANTARA/Hafidz Mubarak-

RADAR JABAR – Jokowi mengklaim bahwa kondisi jalan berbukit-bukit di Ibu Kota Nusantara (IKN) ternyata sangat disukai oleh para arsitek. Mereka menganggap ini sebagai tantangan menarik dalam pembangunan infrastruktur jalan di IKN.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Jokowi di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada hari Senin, 29 Juli 2024.

"Memang di sini kan berbukit-bukit. Kalau seorang arsitek justru senang dengan keadaan seperti itu. Tidak datar dan monoton. Arsitek lo yang ngomong," ujarnya.

Saat pertama kali berkantor di Istana Garuda IKN, Jokowi memantau langsung kemajuan pembangunan IKN dari kompleks Istana.

Ditemani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jokowi melihat perkembangan proyek dari ketinggian dan sesekali berbagi informasi serta menjawab pertanyaan dari wartawan Istana Kepresidenan yang turut hadir.

Berdasarkan pengalaman menginap di Istana Garuda IKN pada Minggu, 28 Juli 2024, Jokowi menyatakan bahwa pasokan air, listrik, dan jaringan internet sudah memadai.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Evaluasi Tren Penumpang Dan Kinerja Kereta Cepat Whoosh

Dia juga menegaskan bahwa pembangunan IKN adalah proyek besar yang akan memakan waktu belasan hingga puluhan tahun untuk selesai sepenuhnya.

"Bahwa kita ingin (upacara) 17-an di sini, saya kira itu memberikan semangat agar IKN ini bisa selesai sesuai dengan tahapan-tahapan itu. Ini pekerjaan bisa 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun. Bukan hanya satu, dua, tiga tahun," pungkasnya.

Presiden Jokowi juga mencoba menginap di Kantor Presiden Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara semalam. Namun dia mengatakan belum bisa tidur nyenyak karena baru pertama kali.

"Nggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya," kata Jokowi kepada wartawan, di Istana Presiden IKN, Senin (29/7/2024).

"Ya mungkin pertama kali aja, masih belum apa ya, masih belum nyenyak," lanjut Jokowi.

Sumber: