Gejala Batu Ginjal Ini Sering Muncul Pada Orang Jarang Minum Air Putih

Gejala Batu Ginjal Ini Sering Muncul Pada Orang Jarang Minum Air Putih

Gejala Batu Ginjal Sering Muncul Pada Orang Jarang Minum Air Putih-Istimewa-

RADAR JABAR - Batu ginjal, sesuai namanya, adalah batu yang terbentuk di saluran kemih, khususnya di ginjal. Ginjal kita ada dua, sehingga batu tersebut dapat terbentuk di ginjal kanan, ginjal kiri, atau di kedua ginjal sekaligus.

Terdapat beberapa gejala jika terdapat batu pada ginjal seseorang, salah satunya adalah nyeri pinggang.

Gejala batu ginjal yang paling sering terjadi antara lain:

- Nyeri pinggang.

- Kencing yang mengeluarkan pasir atau batu.

- Kencing berdarah.

- Kencing keruh.

- Nyeri hebat yang disebut kolik, yang bisa disertai mual dan muntah.

Nyeri pinggang yang tumpul di pinggang kanan seringkali terasa seperti pegal-pegal. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan kencing berdarah, batu turun keluar saat kencing, dan nyeri hebat yang kolik.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Harrina E. Rahardjo, SpU(K), pencegahan batu ginjal yang pertama bisa kita lakukan adalah dengan menjaga asupan air putih setiap harinya.

“Karena ini berhubungan dengan minum, minumlah yang cukup. Sepertinya kadang-kadang kalau kita banyak bekerja di ruangan ber-AC Ya tertutup, tidak banyak aktivitas, kadang-kadang suka lupa minum. Tetapi Usahakanlah dalam sehari itu minum cukup 2 liter sehari,” jelasnya melalui channel Youtbe Kata Dokter.

Selain menjaga asupan air putih setiap harinya, menjaga pola makan dan jenis makanan pun sangat penting. Tak lupa untuk jangan menahan kencing dimanapun kalian berada.

“Kemudian hindarilah makanan-makanan yang mungkin tinggi asam urat kemudian menghindari atau mencegah infeksi saluran kemih ya dengan tidak menahan kencing dan juga minum cukup juga. Kemudian juga untuk pencegahannya adalah menghindari juga makanan-makanan yang terlalu banyak garam, tinggi garam, tinggi gula dan mencegah agar berat badan tidak terlalu berlebihan karena batu saluran kemih itu banyak dihubungkan dengan darah tinggi dengan adanya diabetes kemudian juga dengan obesitas itu yang kita bisa lakukan untuk mencegah,” jelasnya lagi.

Batu saluran kemih seringkali dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas. Untuk pencegahan lebih lanjut, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui lokasi dan ukuran batu ginjal.

Sumber: