Demonstran Desak Emmanuel Macron untuk Tunjuk PM dari Aliansi Sayap Kiri

Demonstran Desak Emmanuel Macron untuk Tunjuk PM dari Aliansi Sayap Kiri

Presiden Prancis Emmanuel Macron menghadiri parade militer tahunan Hari Bastille di Paris, Prancis (14/7/2024). --ANTARA/Xinhua/Henri Szwarc/aa

RADAR JABAR - Ratusan demonstran berkumpul di Paris pada Kamis (18/7) mendesak Presiden Emmanuel Macron untuk menunjuk perdana menteri (PM) dari aliansi sayap kiri. Kerumunan massa berkumpul di sekitar Majelis Nasional, rumah dari parlemen Prancis, atas seruan dari serikat pekerja.

Menurut laporan dari BFMTV, sekitar 50 aksi protes diadakan di seluruh Prancis. Protes ini bertujuan untuk mendesak Macron segera menunjuk PM dari sayap kiri.

BACA JUGA:Konsul Jenderal RI Undang Pembisnis di Cape Town: Manfaatkan Peluang Bisnis di Indonesia

Pada Selasa (16/7), Macron menerima pengunduran diri Perdana Menteri Gabriel Attal setelah hasil pemilu cepat, meskipun sebelumnya ia menolak pengunduran diri tersebut pada 8 Juli.

Macron dikritik keras oleh partai politik karena menolak pengunduran diri Attal yang menyebabkan ketidakstabilan. Aliansi sayap kiri New Popular Front (NFP), yang diperkirakan akan memenangkan kursi terbanyak di Majelis Nasional, mulai mencari kandidat untuk diusulkan sebagai PM segera setelah putaran kedua pemilihan pada 7 Juli.

BACA JUGA:Israel Kembali Serang Sekolah di Gaza, Dua Tewas dan Lima Terluka

Pencarian kandidat PM oleh NFP menyebabkan perbedaan pendapat dan perpecahan di dalam aliansi tersebut. NFP diperkirakan akan memenangkan lebih dari 180 kursi. Aliansi sentris, Together for the Republic, yang didukung oleh Macron, menempati posisi kedua dengan lebih dari 160 kursi, sementara National Rally (RN) yang dipimpin oleh Marine Le Pen memperoleh lebih dari 140 kursi.

Majelis Nasional memiliki 577 kursi, dan tidak ada dari tiga aliansi utama yang memenangkan mayoritas mutlak dari 289 kursi. Putaran pertama pemilihan parlemen diadakan pada 30 Juni dengan 76 kandidat terpilih tanpa perlu putaran kedua.

BACA JUGA:Otoritas Federal AS Mengeluarkan Peringatan Kekerasan Pascainsiden Trump

RN memperoleh 29,26 persen suara (37 kursi), yang meningkat menjadi lebih dari 33 persen jika digabungkan dengan sekutunya. NFP mendapatkan 28,06 persen suara (32 kursi), diikuti oleh Together for the Republic dengan lebih dari 20,04 persen suara (dua kursi).

Macron membubarkan parlemen dan mengumumkan pemilihan umum lebih awal setelah RN memenangkan lebih dari 31 persen suara dalam pemilihan Parlemen Eropa pada 9 Juni, mengalahkan blok sentrisnya.*

Sumber: antara