Hanung Bramantyo Angkat Tradisi dan Kisah Dukun Seksual di ‘Gowok Kamasutra Jawa’

Hanung Bramantyo Angkat Tradisi dan Kisah Dukun Seksual di ‘Gowok Kamasutra Jawa’

Sutradara Hanung Bramantyo sedang dalam proses pembuatan film terbaru yang berjudul "Gowok Kamasutra Jawa--Antaranews.com

RADAR JABAR – Sutradara Hanung Bramantyo sedang dalam proses pembuatan film terbaru yang berjudul "Gowok Kamasutra Jawa". film ini mengisahkan tentang fenomena dukun seksual yang ada dalam masyarakat Jawa.

Hanung mengungkapkan bahwa tema cerita dari film ini terinspirasi oleh salah satu naskah dalam kesusastraan Jawa yang terkenal, yaitu "Serat Centhini". Dalam film yang berjudul "Gowok Kamasutra Jawa", Hanung menyoroti aspek pendidikan seksual yang menjadi salah satu pokok bahasan dalam naskah klasik tersebut.

"Jadi kalau dibilang bahwa ini film tentang (Serat) Centhini iya, tapi bukan soal Centhini-nya seutuhnya. Kita ambil part ketika mengajarkan soal pendidikan seksual," kata Hanung saat ditemui di lokasi syuting di Yogyakarta pada Selasa (9/7).

Hanung menjelaskan bahwa keberadaan dukun seksual yang dikenal dengan sebutan Gowok sudah ada sejak tahun 1400-an. Menurutnya, tradisi ini sudah berakar kuat dalam budaya masyarakat sejak berabad-abad lalu.

BACA JUGA:Film Marni: The Story of Wewe Gombel Hadirkan Genre Horor Action Karya Uwais Team

"Jadi era 1400-an gitu, Laksamana Cheng Ho itu punya hubungan dengan raja-raja Jawa dan dia membawa seorang perempuan bernama Goo Wok Niang, itu bertugas mengajari para bangsawan terutama raja," kata Hanung.

"Pada saat itu raja kan istrinya banyak, nggak cuman empat ada yang 10 bahkan 12, nah gowok ini mengajari si raja ini memuaskan perempuan," paparnya menambahkan.

Dalam film berjudul "Gowok Kamasutra Jawa," sutradara Hanung Bramantyo berusaha menyampaikan pesan yang penting mengenai peran suami dalam mencapai kepuasan dalam hubungan suami-istri.

Melalui narasi dan penggambaran yang cermat, film ini menunjukkan bagaimana kepuasan dalam hubungan tersebut tidak hanya berdampak pada individu, tetapi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keharmonisan dalam kehidupan rumah tangga

"Buat saya ini make sense dan ini gak pernah diinformasikan oleh masyarakat luas," katanya.

BACA JUGA:Inilah 10 Film Bioskop Bulan Juli 2024 yang Harus Kamu Tonton

Film yang berjudul "Gowok Kamasutra Jawa" menampilkan jajaran aktor dan aktris ternama seperti Reza Rahadian, Raihaanun, Lola Amaria, Ali Fikry, Nayla Purnama, dan sejumlah nama lainnya yang tak kalah menarik.

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diproduksi oleh rumah produksi MVP Pictures. Saat ini, film tersebut sedang dalam tahap persiapan dan direncanakan akan tayang di bioskop pada tahun 2025 yang akan datang.

Sumber: antaranews.com