7 Gunung Tertinggi Di Jawa yang Menjadi Incaran Para Pendaki, Nomor 1 Puncak Tertinggi se-Pulau Jawa

7 Gunung Tertinggi Di Jawa yang Menjadi Incaran Para Pendaki, Nomor 1 Puncak Tertinggi se-Pulau Jawa

Gunung Tertinggi Di Jawa yang Menjadi Incaran Para Pendaki--Istimewa

RADAR JABAR - Pulau Jawa, sebagai salah satu pulau terpadat di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan budaya dan sejarahnya yang kaya, tetapi juga dengan keindahan alamnya yang menakjubkan.

Di antara keindahan alam tersebut adalah deretan gunung-gunung yang menjulang tinggi, menawarkan tantangan sekaligus panorama yang memukau bagi para pendaki.

Berikut 7 gunung tertinggi di Pulau Jawa yang menjadi incaran para pendaki:

1. gunung Semeru 

Gunung Semeru, yang juga dikenal sebagai Mahameru, adalah puncak tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 MDPL.

Terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, Semeru terkenal dengan keindahan danau Ranu Kumbolo yang mempesona serta pemandangan puncaknya yang megah.

Pendakian ke puncak Mahameru membutuhkan persiapan yang matang dan fisik yang kuat, tetapi pemandangan dari puncaknya yang sering diselimuti awan dan semburan gas vulkanik membuat semua usaha terasa sepadan.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata yang Ramah untuk Muslim di Asia

2. Gunung Slamet 

Gunung Slamet terletak di antara lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Banyumas, Purbalingga, Tegal, Brebes, dan Pemalang.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.428 MDPL, Gunung Slamet adalah gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa.

Pendakian Gunung Slamet terkenal dengan jalur yang panjang dan menantang, tetapi pemandangan dari puncaknya yang luas dan menakjubkan, serta fenomena alam seperti lautan awan, membuatnya menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki.

3. Gunung Sumbing 

Gunung Sumbing, yang memiliki ketinggian 3.371 MDPL, terletak di Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah.

Gunung ini menawarkan jalur pendakian yang cukup menantang dengan berbagai pemandangan alam yang memukau sepanjang perjalanan.

Dari puncaknya, pendaki bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro yang bersebelahan serta hamparan awan yang luas. Gunung Sumbing juga memiliki beberapa kawah aktif yang menambah daya tariknya.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat yang Cocok untuk Prewedding di Bandung

4. Gunung Arjuno 

Gunung Arjuno, dengan ketinggian 3.339 MDPL, terletak di Malang dan Pasuruan, Jawa Timur. Gunung ini sering didaki bersama dengan Gunung Welirang yang bersebelahan.

Sumber: