10 Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Indonesia, Ada Bandung

10 Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Indonesia, Ada Bandung

Daftar Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi -Shutterstock-

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Tentunya, Surabaya juga termasuk dalam daftar kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Indonesia.

BACA JUGA:10 Kota Ternyaman di Indonesia untuk Ditinggali Jangka Panjang

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Surabaya melaporkan bahwa pada tahun 2021 jumlah kasus kriminalitas di Surabaya mencapai 2.108 kasus. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih untuk meningkatkan keamanan di kota ini.

6. Bandung

Bandung adalah ibu kota Provinsi Jawa Barat dan juga merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Namun, kota ini juga memiliki tingkat kriminalitas tertinggi di Indonesia.

Badan Pusat Statistik mencatat bahwa pada tahun 2020 jumlah kasus kriminalitas di Bandung mencapai 2.481 kasus. Kasus-kasus yang sering terjadi di kota ini meliputi pencurian, pembegalan, dan kasus-kasus lainnya.

7. Palembang

Di peringkat ke-4 adalah Kota Palembang. Palembang adalah ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dan merupakan kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di provinsi tersebut. Pada tahun 2020, sebanyak 2.833 kasus kriminalitas terjadi di kota ini.

Seperti kota-kota lain, kasus-kasus yang sering terjadi di Palembang adalah pencurian dan pembegalan. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan keamanan di kota ini.

8. Makassar

Makassar adalah kota terbesar di Sulawesi Selatan dan juga memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi. Pada tahun 2021, Polrestabes Makassar melaporkan bahwa jumlah kasus kejahatan di kota ini mencapai 3.240 kasus.

BACA JUGA:10 Kota Termiskin di Indonesia Pada 2024 Menurut Data BPS

Beberapa kasus yang sering terjadi di Makassar adalah pencurian dan penghilangan nyawa. Oleh karena itu, perlu berhati-hati saat berkunjung atau tinggal di kota ini.

9. Medan

Sebagai kota besar di Sumatera Utara dengan populasi lebih dari 2 juta jiwa, pada tahun 2020 sebanyak 7.726 kasus kejahatan dan tindak pidana terjadi di kota ini.

Polrestabes Medan melaporkan bahwa sebagian besar kasus kriminalitas di kota ini adalah pencurian dan pembegalan. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati saat berada di kota ini.

10. Jakarta

Jakarta adalah kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Indonesia. Tidak mengherankan bahwa Jakarta berada di peringkat pertama dalam daftar ini, karena merupakan kota terbesar di Indonesia dan memiliki jumlah kasus kriminalitas tertinggi di antara kota-kota lainnya.

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah kasus kriminalitas yang terjadi di Jakarta pada tahun 2021 mencapai 8.112 kasus. Meskipun demikian, indeks kriminalitas Jakarta yang mencapai 54,3 ini masih lebih rendah dibandingkan dengan ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur.

Sumber: