Tiba di Makkah, Jemaah Calon Haji Tidak Langsung Umrah Wajib

Tiba di Makkah, Jemaah Calon Haji Tidak Langsung Umrah Wajib

Jemaah Calon Haji Tidak Langsung Umrah Wajib --(Sumber Gambar: Media Center Haji)

RADAR JABAR- Jemaah haji Indonesia dari kloter pertama telah tiba di Makkah, menandai awal perjalanan spiritual mereka di tanah suci. Diberangkatkan secara bertahap dari Madinah, para jemaah tersebut mengenakan kain ihram dan sudah mengambil Miqat di masjid Bir Ali sebelum melanjutkan perjalanan ke Makkah Al Mukarramah untuk melaksanakan ibadah Umrah.

Kedatangan para jemaah tersebut, yang tiba sekitar pukul 12.30 Waktu Arab Saudi (WAS), disambut dengan suka cita. Mereka diberikan sambutan hangat dengan pemberian bunga, minuman, jus, cemilan, kue, dan suvenir berupa parfum sebagai tanda kegembiraan atas kedatangan mereka.

Meskipun telah tiba di Makkah, jemaah haji tidak langsung melaksanakan umrah wajib. Mereka dibawa ke hotel masing-masing untuk beristirahat minimal empat jam, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Khusus untuk jemaah lansia, mereka diberi kelonggaran untuk beristirahat lebih lama sampai kondisi fisik mereka memungkinkan.

 

BACA JUGA: Jemaah Haji Indonesia Mulai Memasuki Kota Makkah Hari Ini, Sebanyak 170 Hotel Telah Disediakan

 

Bagi jemaah lansia, mereka dapat melaksanakan umrah setelah teman-teman satu rombongannya selesai melaksanakan umrah. Ini adalah langkah yang diambil untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para jemaah, terutama yang membutuhkan perhatian khusus dalam perjalanan mereka.

Pada Senin, 20 Mei, sebanyak 3.425 jemaah dijadwalkan tiba di Makkah. Untuk menyambut kedatangan mereka, disediakan 170 hotel yang tersebar di lima wilayah di Makkah, yaitu: Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan Ray Bakhs.

 

BACA JUGA:Kemenag Ingatkan Masyarakat Untuk Waspadai Tawaran Haji Tanpa Menunggu

 

Penyediaan hotel yang memadai menjadi salah satu upaya untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan ibadah para jemaah haji selama mereka berada di tanah suci.

Kedatangan jemaah calon haji ini menjadi momen bersejarah dalam perjalanan spiritual mereka, yang ditandai dengan semangat dan kegembiraan untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah di tanah suci. Semoga perjalanan mereka diberkahi dan berjalan lancar hingga selesai (*).

Sumber: media center haji