BPBD Kota Bogor Evakuasi Lansia yang Menjadi Korban Rumah Ambruk di Bondongan

BPBD Kota Bogor Evakuasi Lansia yang Menjadi Korban Rumah Ambruk di Bondongan

BPBD Kota Bogor saat mengevakuasi korban rumah ambruk di Kelurahan Bondongan, Minggu 5 Mei 2024-HO-BPBD Kota Bogor.-ANTARA

Radar Jabar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, melakukan evakuasi dan relokasi terhadap korban tertimpa material rumah ambruk di Kelurahan Bondongan, Kota Bogor, hari Minggu (5/5) malam. Evakuasi dan relokasi tersebut BPBD Kota Bogor lakukan bersama unsur terkait.

 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Hidayatullah, menyebut korban itu adalah wanita lanjut usia (lansia) bernama Acih berusia 75 tahun.

 

Acih tertimpa di bagian pundaknya imbas reruntuhan material atap rumah dan lemari. Ia mengalami luka dan saat ini sudah mendapatkan pengobatan.

 

BACA JUGA:Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Segera Merevitalisasi Pasar Merdeka

 

“Korban atas nama bu Acih sudah ditangani oleh KSR PMI Kota Bogor untuk mendapatkan pengobatan akibat tertimpa material atap rumah ambruk,” ujar Hidayatullah di Kota Bogor, Minggu (5/5), dikutip dari Antara Jabar.

 

Rumah korban amburk, ucap dia, diakibatkan oleh angin kencang dan konstruksi bangunan yang rapuh. Lalu juga akibat tergerus aliran Sungai Cipakancilan.

 

Hidayatullah menyebut selain daripada itu, konstruksi rumah telah rapuh dan masuk golongan rumah tidak layak huni (RTLH). Akibatnya, rumah ambruk nyaris di semua bangunan yang dihuni oleh tiga orang tersebut.

 

BACA JUGA:Perbaikan Pintu Penguras yang Jebol di Bendung Katulampa Bogor Dimulai Hari Ini

 

“Untuk saat ini korban mengungsi di rumah adiknya, sedangkan keluarga anak dan cucunya kami relokasi ke rumah kontrakan, hunian sementara, di lingkungan RW tersebut,” jelas dia.

 

Bukan hanya itu, peristiwa itu berdampak terhadap rumah kontrakan yang keluarga lain huni, dan rumah tersebut menggantung lantaran tergerus aliran Sungai Cipakancilan.

Sumber: