Lapangan Upacara Istana Negara di IKN Sanggup Tampung Sebanyak 1.800 Orang

Lapangan Upacara Istana Negara di IKN Sanggup Tampung Sebanyak 1.800 Orang

Arsip foto - Pekerja menyelesaikan proses pembangunan lapangan upacara di Istana Negara, IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023)-Sigid Kurniawan-ANTARA FOTO

Radar Jabar – Lapangan upacara istana negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa menampung sekitar 1.800 orang. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN.

 

“Kapasitas lapangan upacara istana negara besar sehingga bisa menampung sekitar 1.800 orang,” kata Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis Sumadilaga, di Jakarta, Jumat 27 April 2024, dikutip dari Antara pada Sabtu (28/4).

 

Dia menambahkan bahwa luas lapangan upacara untuk HUT Kemerdekaan Indonesia di IKN itu memiliki luas mencapai 14.250 m2.

 

BACA JUGA:Indonesia Siap Diterjang Investasi Besar Apple di IKN, Potensi Pasar dan Kesempatan Kerjasama

 

“Lapangannya sudah disiapkan untuk digunakan,” ucapnya.

 

Kementerian PUPR juga sedang menyiapkan sarana serta prasarana untuk upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

 

Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN menjelaskan beberapa infrastruktur dasar. Infrastruktur-infrastruktur dasar itu adalah kantor presiden hingga dengan empat Gedung kementerian koordinator yang bisa dimanfaatkan untuk perayaan tersebut.

 

BACA JUGA:Menko Perekonomian Ungkap Rencana Masdar untuk Membangun PLTS 1,2 GW di IKN

 

Kantor Presiden, Istana Negara, empat Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) sebagai bangunan utama yang dimanfaatkan untuk HUT Indonesia tahun depan ditargetkan rampung.

 

Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara juga merupakan titik awal perpindahan ibu kota negara, secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI akan digelar di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Sumber: