10 Macam Sistem Operasi (OS) Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

10 Macam Sistem Operasi (OS) Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

Macam macam OS Pada Smartphone-(Ilustrasi)-Sumber gambar: https://nadillasyihaq8.wordpress.com/

LineageOS adalah proyek open-source yang berbasis pada Android. Ini menawarkan versi yang disesuaikan dari Android dengan peningkatan kinerja dan fitur tambahan. LineageOS populer di kalangan pengguna yang ingin mengotak-atik perangkat mereka dan memperpanjang umur perangkat yang sudah tidak didukung lagi oleh pembaruan resmi.

8. Sailfish OS

Sailfish OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Finlandia, Jolla. Dikenal karena antarmuka yang bersih dan responsif, Sailfish OS mendukung aplikasi Android, memberikan akses ke ekosistem aplikasi yang lebih luas. Ini juga menawarkan kontrol yang lebih besar kepada pengguna dalam hal privasi dan keamanan.

9. OxygenOS

OxygenOS adalah varian dari Android yang dikembangkan oleh OnePlus. Dirancang untuk memberikan pengalaman yang cepat dan mulus, OxygenOS menawarkan banyak fitur tambahan seperti mode gelap, navigasi geser, dan tuning kinerja. Ini juga mempertahankan kesederhanaan antarmuka pengguna Android yang mendasar.

10. MIUI

MIUI adalah antarmuka pengguna yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk perangkat Xiaomi dan Redmi. Ini berjalan di atas Android dan menawarkan beragam fitur tambahan seperti tema kustom, mode kinerja, dan kontrol aplikasi yang lebih baik. MIUI dikenal karena penyesuaian yang kuat dan integrasi yang dalam dengan layanan Xiaomi.

Setiap sistem operasi smartphone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta melayani berbagai kebutuhan pengguna. Dengan beragam pilihan yang tersedia, pengguna dapat memilih OS yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Sumber: