2 Pekerjaan Freelance Ini Paling Diburu di 2024, Penghasilan Bisa Sampai 10 Juta Lebih

2 Pekerjaan Freelance Ini Paling Diburu di 2024, Penghasilan Bisa Sampai 10 Juta Lebih

Pekerjaan Freelance Ini Paling Diburu di 2024-Ilustrasi/Pixabay-

Sekarang  kami akan memberikan langkah-langkah untuk memulai karir sebagai freelancer.

1. Tentukan Jasa Freelancing

Pertama, tentukan jasa freelancing sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Jika Anda mahir dalam desain, Anda bisa menawarkan jasa desain, pemrograman, penulisan konten, penerjemahan, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, kami akan memberikan contoh jasa-jasa yang tersedia di fastwork. Jika kamu tidak memiliki keahlian khusus, Anda dapat mencoba pekerjaan dasar seperti pengetikan, data entry, voice-over, memberikan ulasan, dan lain-lain.

BACA JUGA:8 Ciri-ciri Anda Tidak Betah di Pekerjaan Anda, Perhatikan Ini!

Saran kami, selalu tingkatkan keahlian dan pengetahuan Anda dengan belajar hal-hal baru agar bisa mendapatkan lebih banyak peluang.

Selanjutnya, Anda bisa mendaftar akun di situs freelancer yang menurut Anda cocok. Tidak masalah jika Anda ingin mendaftar di semua situs. Karena saya menggunakan fastwork, saya akan memberikan contoh dari platform ini.

Lengkapi profil Anda dan deskripsikan pekerjaan yang ingin Anda tawarkan. Anda dapat melihat profil freelancer lain sebagai referensi tentang bagaimana mereka membuat deskripsi pekerjaan dan berapa harga yang mereka tawarkan.

Jangan lupa untuk menyiapkan portofolio. Ini tidak harus dalam bentuk CV, karena biasanya klien ingin melihat contoh pekerjaan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Saya biasanya menyusunnya di Google Drive agar dapat langsung membagikan link jika ada klien yang membutuhkannya.

Nanti, setelah Anda melengkapi profil dan deskripsi pekerjaan, fastwork akan meninjau. Jika semua informasi sudah sesuai, pekerjaan Anda akan aktif dan ditampilkan. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, mendaftar di fastwork tidak dikenakan biaya. Namun, fastwork akan memotong 10% dari biaya layanan dari harga yang Anda terima sebagai freelancer.

Contohnya, jika tarif jasa yang Anda tawarkan adalah Rp100 ribu, maka setelah pekerjaan selesai, Anda akan menerima 90 ribu. Sekarang, saya akan membagikan tips tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan tawaran pekerjaan dari klien.

BACA JUGA:10 Daftar Pekerjaan Paling Banyak Dicari 2024 di Indonesia

Idealnya, profil atau pekerjaan Anda harus muncul di halaman pertama fastwork. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan paparan yang lebih besar, dan ketika orang mencari pekerjaan tertentu, mereka dapat langsung melihat profil Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat profil yang menarik mulai dari judul hingga deskripsi pekerjaan yang lengkap.

Fastwork sendiri sudah menyebutkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi posisi Anda. Pertama adalah seberapa responsif Anda dalam memberikan tanggapan jika ada klien yang mengirim pesan.

Jika Anda merespons dengan cepat, pengalaman klien akan lebih baik, dan ini akan menjadi nilai tambah untuk Anda.

2. Pahami jumlah tawaran pekerjaan yang masuk dan berhasil pembayaran

Tidak semua situs freelance menjamin kepercayaan kepada para pekerja dan pengguna jasa. Jadi, pastikan jika klien-mu akan membayar tepat waktu sesuai tugas yang telah kamu kerjakan. Harap jaga selalu file tugasmu dan jangan memberikan file asli hasil pekerjaanmu sebelum klien melakukan pembayaran.

3. Pastikan apakah Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Sumber: