10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan yang Penting untuk Dilakukan

10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan yang Penting untuk Dilakukan

Ilustrasi bulan Ramadan.-john1cse-Tangkapan layar via Pixabay

BACA JUGA:9 Tips dan Trik Menjaga Pola Tidur Selama Bulan Ramadhan

 

Dianjurkan untuk menjaga ucapan dengan menghindari perkataan-perkataan buruk seperti berbohong, mencela, apalagi yang dapat menyebabkan dosa. Mengucapkan atau berkata hal-hal yang buruk juga bisa mengurangi pahala puasa.

 

6. Menghindari Hal-hal yang Tak Sejalan dengan Hikmah Puasa

Umat Islam juga dianjurkan menghindari hal-hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa meski itu tidak membuat puasanya jadi batal. Hal-hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa semisal berbuka puasa hingga kekenyangan, atau berbuat sesuatu dengan tujuan guna memuaskan nafsu.

 

7. Perbanyak Sedekah

Orang yang berpuasa hendaknya perbanyak sedekah terhadap sesama, khsusunya sedekah makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Dengan memberi makanan atau minuman kepada orang yang berpuasa, mereka akan memeroleh pahala setimpal dengan pahala puasa orang yang disedekahi.

 

8. Perbanyak I’tikaf

I’tikaf memiliki arti berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Ibadah-ibadah yang bisa dilakukan selama I’tikaf seperti sholat, baca Al-Qur’an, berdzikir, dan doa.

 

I’tikaf seyogyanya dilakukan selama sebulan penuh. Namun apabila tidak bisa, diutamakan untuk dilakukan sepuluh hari terakhir puasa sebab ada malam Lailatul Qadar pada hari-hari tersebut.

 

Sumber: