MUI dan Pemprov Jabar Gelar Istigosah Kubro di Depan Gedung Sate Bandung untuk Sambut Ramadan

MUI dan Pemprov Jabar Gelar Istigosah Kubro di Depan Gedung Sate Bandung untuk Sambut Ramadan

MUI dan Pemprov Jabar Menggelar Istigosah Kubro di Depan Gedung Sate Bandung untuk Sambut Ramadan-Siaran Pers-Siaran Pers

Radar Jabar - Puluhan ribu masyarakat yang tergabung dalam pelbagai Majelis Ta'lim hingga Organisasi Masyarakat (ormas Islam) di Jawa Barat (Jabar) menggelar kegiatan Istigosah Kubro.



Kegiatan istigosah yang Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar selenggarakan tersebut berlangsung di Jl. Diponegoro, tepatnya di depan Gedung Sate, Sabtu 9 Maret 2024.



Adapun Istigosah Kubro ini dilaksanakan untuk menyambut kehadiran bulan Suci Ramadan yang tinggal menghitung hari.



Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar menyebut, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh berbagai tokoh agama, masyarakat hingga pimpinan MUI se- Jabar.



"Alhamdulillah kegiatan ini mendapat dukungan dari hasil kolaborasi kami dengan Pemprov dan Kanwil Kemenag dengan forkompinda. Nah tujuan kami menyelenggarakan kegiatan Istighosah ini, pertama ini momentumnya akan menghadapi bulan suci Ramadhan,  jadi sudah menjadi tradisi di lingkungan MUI bahwa setiap menghadapi Ramadhan, itu ada kegiatan menyambut Ramadhan istilah yang populer adalah tarhib Ramadhan," katanya disela-sela kegiatan.



Rafani menjelaskan, Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Oleh karena itu, kata dia dengan adanya Istighosah ini, berharap pada saat pelaksanaan ibadah Ramadhan nanti, masyarakat dapat menjalankannya secara khusyu.



"Kita tahu Ramadan kan bulan yang penuh berkah, jadi tentu saja kita mengharapkan keberkahan pada Bulan Ramadhan nanti sehingga kita mendapatkan apa kemuliaan, dan pada waktunya nanti, itu bisa berjalan dengan tenang, tenteram masyarakat bisa secara khusyu beribadah," ucapnya.



Selain doa bersama, dalam acara Istigosah ini juga kata Rafani menyediakan berbagai kegiatan lainnya seperti Bazar, hingga sembako murah. "Mudah-mudahan dengan kegiatannya ini selai  berdoa, dapat memberikan manfaat juga untuk masyarakat," imbuhnya.



Kegiatan istigasah ini dipimpin langsung oleh kiai dan ulama yang telah dipilih oleh MUI. Selain itu, ada Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym yang akan memberikan tausiah.

 

Sumber: Siaran Pers.

Sumber: