6 Gejala Awal Kanker yang Sering Tidak Disadari Penderitanya

6 Gejala Awal Kanker yang Sering Tidak Disadari Penderitanya

Gejala Awal Kanker yang Sering Tidak Disadari-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR - Banyak orang tidak menyadari jika mereka menderita penyakit kanker. Oleh karena itu, kali ini kami ingin berbagi informasi tentang tanda-tanda awal kanker.

Kanker adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan mengubah cara tubuh menggunakan energi dari makanan. Pada orang normal, energi tersebut biasanya digunakan untuk metabolisme tubuh, namun ketika terkena kanker, sel-sel tersebut menggunakan energi untuk bereplikasi dan tumbuh di dalam tubuh.

Kanker berbeda dengan tumor, dimana tumor biasanya membutuhkan waktu 1 sampai 10 tahun untuk berkembang, sementara kanker biasanya berkembang lebih cepat, hanya dalam waktu 1 sampai 3 bulan, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Beberapa jenis kanker dapat melepaskan zat-zat berbahaya ke dalam aliran darah yang dapat menyebabkan penggumpalan darah atau peningkatan kadar kalsium dalam darah, yang biasanya membuat seseorang lebih lemas.

6 Gejala Kanker yang Sering Tidak Disadari

Berikut adalah 6 gejala awal kanker yang perlu diwaspadai setiap orang sebagai tanda dari sebuah penyakit mematikan.

1. Penurunan berat badan

Banyak penyakit memiliki gejala penurunan berat badan, namun pada penderita kanker, penurunan berat badan biasanya drastis dan cepat. Misalnya, dalam waktu 1-2 bulan, seseorang dapat kehilangan 10 hingga 20 kg berat badan tanpa melakukan diet atau mengkonsumsi obat-obatan penurun berat badan.

BACA JUGA:Kandungan Nitrat dan Nitrit pada Makanan Bisa Jadi Penyebab Utama Kanker

Hal ini perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit kanker. Contohnya, saudaraku mengalami penurunan berat badan selama 2 bulan dan kehilangan 30 kg berat badan tanpa melakukan diet. Hal ini merupakan tanda yang harus diwaspadai dan gejala awal dari kanker.

2. Kelelahan

Banyak penyakit memiliki gejala kelelahan, namun gejala kelelahan akibat kanker terjadi terus-menerus, bahkan setelah istirahat atau mengonsumsi suplemen atau vitamin. Seseorang tetap merasakan tubuh lelah sepanjang hari karena sel-sel kanker menggunakan energi tubuh secara abnormal untuk berkembang.

3. Perubahan pada saluran pencernaan

Perubahan ini termasuk diare yang berkelanjutan, sulit buang air besar, kesulitan buang air kecil, seringnya buang air kecil, inkontinensia urin, kesulitan mengeluarkan gas, atau sering mengeluarkan gas. Perubahan abnormal ini pada saluran pencernaan biasanya berlangsung lebih dari dua minggu hingga satu atau dua bulan.

Sebagai contoh, seorang saudara saya mengalami diare berkelanjutan selama dua bulan, awalnya dianggap sebagai diare biasa karena muncul dan menghilang secara berkala, namun kemudian disadari bahwa itu adalah gejala kanker.

4. Demam

Banyak penyakit diawali dengan demam, namun pada penderita kanker, demam berlangsung terus menerus selama 1-3 bulan, terutama muncul pada malam hari dan disertai dengan keringat berlebihan dan rasa kelelahan yang berkelanjutan. Jika mengalami demam yang berkepanjangan, segera konsultasikan dengan dokter.

5. Rasa nyeri yang persisten

Banyak penyakit memunculkan rasa nyeri, namun pada kanker seperti kanker testis, kanker prostat, atau kanker saluran pencernaan, rasa nyeri tersebut berlangsung terus menerus dan intensitasnya meningkat. Misalnya, pada laki-laki, rasa nyeri saat buang air kecil atau nyeri di area perut yang berlangsung lebih dari dua hingga tiga bulan tidak boleh diabaikan.

6. Perubahan warna kulit

Perubahan warna kulit seperti menjadi kuning, pertumbuhan rambut berlebihan, perubahan warna kulit menjadi lebih gelap atau kusam, atau kemerahan dan rasa gatal yang tidak biasa harus diperhatikan karena bisa menjadi pertanda kanker pada kulit.

Sumber: