Alasan Moeldoko Tak Hadir di Pelantikan AHY Sebagai Menteri ATR, Gagasan Dipuji FAO

Alasan Moeldoko Tak Hadir di Pelantikan AHY Sebagai Menteri ATR, Gagasan Dipuji FAO

Alasan Moeldoko Tak Hadir di Pelantikan AHY-Instagram/moeldoko-

RADAR JABAR - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko akhirnya memberikan penjelasan mengenai alasan ketidakhadiran dirinya di acara pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional di Istana Negara pada Rabu (21/2/2024).

Dalam klarifikasinya, Moeldoko menyebut bahwa saat itu ia sedang menghadiri konferensi FAO Asia Pasifik.

"YANG CARI SAYA HARI INI, TENANG-TENANG, SAYA ADA DI SINI. Saya sedang menjadi pembicara konferensi FAO Asia Pasifik yang dihadiri oleh 34 delegasi negara. Saya memaparkan tiga prioritas transformasi pertanian dan pangan untuk menghadapi krisis pangan di Asia Pasifik," ungkap Moeldoko mengutip akun sosial media Instagram miliknya @dr_moeldoko, Rabu (21/2) malam.

Ia menegaskan bahwa sebagai perwakilan Indonesia, ia memiliki banyak agenda penting yang dibahas dalam konferensi tersebut.

BACA JUGA:AHY: Realisasi Perjuangan Terwujud dengan Bergabungnya Demokrat di Pemerintahan

Pertama, transformasi cara bertani dengan menekankan pentingnya mendorong pertanian yang lebih efisien dengan teknologi dan berkelanjutan. Kerjasama kawasan dalam pengembangan teknologi pertanian perlu diperkuat.

Kedua, transformasi produk pangan. Kawasan Asia Pasifik, yang kaya sumber daya hayati, harus membangun ketahanan pangan dengan diversifikasi pangan.

Ketiga, transformasi aktor atau petani dengan menyoroti masalah regenerasi petani di kawasan dan dunia. Petani semakin tua dan sulit menarik minat anak muda. Untuk menjawab tantangan ini, Indonesia bekerja sama dengan FAO membangun program regenerasi petani.

Program ini meliputi pelatihan berjenjang dari hulu ke hilir, termasuk penggunaan teknologi smart farming dan cara berbisnis yang menguntungkan.

BACA JUGA:SBY Memberi Restu AHY Menjadi Menteri ATR BPN dan Bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju

Pada kesempatan itu, dia pun mengucapkan selamat kepada AHY yang dilantik menjadi Menteri ATR dan Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya ucapkan juga selamat kepada pak @hadi.tjahjanto dan mas @agusyudhoyono yang telah dilantik oleh presiden @jokowi menjadi Menteri Kabinet Indonesia Maju. Mohon maaf saya tidak bisa menghadiri pelantikan karena harus menjalankan tugas saya sebagai kepala @kantorstafpresidenri untuk menjadi pembicara forum @fao di Sri Lanka," tutupnya.

Gagasan Moeldoko Dipuji FAO

Ketua Dewan FAO, Hans Hoogeven, mengungkapkan penghargaannya terhadap kontribusi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam memperkuat regenerasi petani di wilayah Asia Pasifik.

Sumber: