Inilah 10 Jenis Gangguan Mental yang Umum Terjadi, Cek Penjelasan Lengkapnya!

Inilah 10 Jenis Gangguan Mental yang Umum Terjadi, Cek Penjelasan Lengkapnya!

10 Jenis Gangguan Mental yang Umum Terjadi-(Ilustrasi)-Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Gangguan mental merupakan kondisi yang memengaruhi pola pikir, perasaan, dan perilaku seseorang.

Gangguan mental, juga dikenal sebagai gangguan psikologis atau gangguan jiwa, yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati, dan perilaku seseorang.

Gangguan mental dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berfungsi secara sehari-hari, baik dalam hubungan sosial, pekerjaan, atau aktivitas sehari-hari lainnya. Ini bisa bersifat sementara atau berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama.

Gangguan mental bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kombinasi faktor genetik, biologis, lingkungan, dan pengalaman hidup.

Misalnya, keturunan genetik, ketidakseimbangan kimia dalam otak, pengalaman trauma atau stres, dan faktor lingkungan seperti kehilangan pekerjaan atau masalah dalam hubungan interpersonal dapat mempengaruhi perkembangan gangguan mental.

Meskipun sering kali tidak terlihat secara fisik, dampaknya dapat sangat signifikan bagi individu yang mengalaminya.

 

Berikut adalah 10 jenis gangguan mental yang paling umum:

 

1. Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai oleh perasaan sedih yang berkepanjangan, kehilangan minat atau kesenangan dalam aktivitas sehari-hari, kelelahan, perubahan berat badan, dan pikiran tentang kematian atau bunuh diri. Gangguan ini dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan.

 

BACA JUGA: Kepribadian Ganda Itu Apa Sih? Ternyata Ini Faktanya

 

2. Kecemasan

Sumber: