Jumlah Pasien COVID-19 di Indonesia Naik 255 Persen

Jumlah Pasien COVID-19 di Indonesia Naik 255 Persen

Jumlah Pasien COVID-19 di Indonesia Naik 255 Persen -Ilustrasi/Pixabay-

"Kembali kita ambil contoh Thailand, mereka ada 16 kematian COVID-19 pada periode 20 November sampai 17 Desember 2023, yang ini meningkat 220 persen dari 28 hari sebelumnya," katanya.

Tjandra, seorang ahli pulmonologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa kenaikan kasus COVID-19 saat ini dapat dijelaskan oleh beberapa faktor.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Sebut Pemerintah Belum Imbau untuk Menggunakan Masker Terkait Covid-19

Salah satunya adalah penurunan imunitas di kalangan masyarakat secara umum, yang disebabkan oleh rendahnya tingkat penularan virus di lapangan.

Selain itu, menurut Tjandra, faktor lain yang berkontribusi adalah lamanya jangka waktu sejak vaksinasi terakhir diterima dan peningkatan mobilitas masyarakat menjelang akhir tahun.

"Ada tidaknya peran varian baru seperti JN.1 dan lainnya, memang masih dalam penelitian, tapi yang jelas sejak 18 Desember, JN.1 sudah dinyatakan Variant of Interest (VOI) oleh WHO," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Tjandra mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkan layanan vaksinasi COVID-19 dan menjalankan protokol kesehatan.

Sumber: antara