Soal Wacana Naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes, Pelatih Timnas Indonesia: Kenapa Tidak?

Soal Wacana Naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes, Pelatih Timnas Indonesia: Kenapa Tidak?

Soal Wacana Naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes, Pelatih Timnas Indonesia: Kenapa Tidak?-Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong saat memimpin latihan-Situs resmi PSSI

Radar Jabar – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ‘angkat bicara’ terkait wacana naturalisasi untuk Thom Haye serta Maarten Paes. STY, sapaan akrabnya, mengaku akan menerima dengan ‘tangan terbuka’ jika keduanya mau dinaturalisasi.

 

Kedua pesepakbola tersebut sedang santer dikaitkan sebagai calon pemain naturalisasi baru Indonesia. Haye, gelandang SC Heerenveen, sempat mengungkapkan ketertarikannya untuk menjadi pemain Timnas Garuda, sementara itu Paes yang merupakan kiper Dallas FC masuk radar PSSI.

 

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI pun menyatakan berminat terhadap penjaga gawang berusia 25 tahun itu. Erick siap memproses naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes apabila keduanya bersedia.

 

BACA JUGA:Final Nusantara Open 2023 Persib U-17 vs Bhayangkara FC 1-0: Junior Dedi Kusnandar Cs Sukses Pertahankan Trofi

 

Shin Tae-yong siap menyambut Haye dan Paes ke skuad timnas apabila wacana ini terealisasi nantinya. Apalagi tentu saja jika dua tambahan amunisi ini bisa menambah kekuatan skuad.

 

“Pemain-pemain itu ada darah Indonesia, kalau bisa membentuk skuad tim lebih baik, kenapa tidak,” jelasnya kepada wartawan seperti dikutip dari detikbola.

 

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu mengingatkan agar tidak membeda-bedakan pemain lokal dengan keturunan. Semua pemain wajib didukung selagi mereka punya darah ‘Merah-Putih’ dan siap berjuang.

 

BACA JUGA:Hasil Liga 1 Hari Ini Sabtu 16 Desember 2023: Borneo FC dan Persija Menang Tipis, PSIS vs Madura United Seri

 

“Jangan pernah ada yang memakai standar. Kita harus bekerja sama dan berusaha sama-sama, apalagi punya darah Indonesia,” ungkap STY.

 

“Ini proyek yang sedang dijalani Erick Thohir dengan tujuan yang sangat untuk Indonesia. Jadi lihat saja situasinya ke depan seperti apa,” sambung dia.

 

Naturalisasi Haye dan Paes nantinya akan memperpanjang daftar pemain keturunan yang dinaturaliasi oleh PSSI. Program tersebut saat ini sedang terus-menerus digencarkan dalam misi meningkatkan mutu dan kualitas Timnas Indonesia demi mampu bersaing di level atas.

Sumber: