Mudah! Ini Dia Cara Tes Kecepatan Internet di Laptop dan HP

Mudah! Ini Dia Cara Tes Kecepatan Internet di Laptop dan HP

ilustrasi--Tangkapan Layar

RADAR JABAR - Tes kecepatan internet adalah salah satu cara untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang digunakan.

Tes kecepatan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan aplikasi atau website khusus yang menyediakan layanan tes kecepatan.

Berikut adalah beberapa cara tes kecepatan internet di laptop dan hp:

1. Menggunakan website speedtest.net

Speedtest.net adalah salah satu website yang menyediakan layanan tes kecepatan internet. Untuk melakukan tes kecepatan menggunakan website ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka website speedtest.net di browser laptop atau hp.
  • Klik tombol "Go" untuk memulai tes kecepatan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses tes selesai.
  • Hasil tes kecepatan akan ditampilkan, termasuk kecepatan unduh dan unggah serta ping.

 

BACA JUGA:7 Jurus Ampuh Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis, Catat Ya!

 

2. Menggunakan aplikasi speedtest

Selain website, speedtest juga menyediakan aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal pada laptop atau hp. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan tes kecepatan menggunakan aplikasi speedtest:

  • Unduh dan instal aplikasi speedtest dari Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi speedtest.
  • Klik tombol "Go" untuk memulai tes kecepatan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses tes selesai.
  • Hasil tes kecepatan akan ditampilkan, termasuk kecepatan unduh dan unggah serta ping.

 

3. Menggunakan website lain

Selain speedtest.net, terdapat juga website lain yang menyediakan layanan tes kecepatan internet, seperti fast.com, testmy.net, dan lain-lain. Cara melakukan tes kecepatan pada website ini umumnya sama dengan speedtest.net.

 

4. Menggunakan aplikasi lain

Selain speedtest, terdapat juga aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melakukan tes kecepatan internet, seperti Internet Speed Meter, SpeedSmart, dan lain-lain. Cara menggunakan aplikasi ini umumnya sama dengan aplikasi speedtest.

 

BACA JUGA:Mariana Web Lebih Dalam dari Deep Web, Ini 5 Urutan Bagian Terdalam di Internet

 

5. Menggunakan pencarian Google

Cara lain untuk melakukan tes kecepatan internet adalah dengan menggunakan pencarian Google. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka halaman Google di browser laptop atau hp.
  • Ketik kata kunci "speedtest" atau "mengecek kecepatan internet" atau "cara mengecek kecepatan internet" di kolom pencarian.
  • Hasil pencarian akan menampilkan beberapa website atau aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan tes kecepatan internet.

 

Dalam melakukan tes kecepatan, pastikan bahwa laptop atau hp yang digunakan terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan tidak sedang digunakan untuk aktivitas lain yang membutuhkan koneksi internet yang besar.

Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada aplikasi atau program lain yang sedang berjalan di latar belakang yang dapat mempengaruhi hasil tes kecepatan.

Dengan melakukan tes kecepatan secara rutin, pengguna dapat mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang digunakan dan dapat mengambil tindakan jika ditemukan masalah pada koneksi internet.

Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui apakah kecepatan internet yang digunakan sudah sesuai dengan standar kecepatan internet di Indonesia atau belum.

Sumber: