iQOO 12 Punya RAM 16 GB Siap Manjakan Pengguna, Simak Spesifikasi Tangguhnya!

iQOO 12 Punya RAM 16 GB Siap Manjakan Pengguna, Simak Spesifikasi Tangguhnya!

iQOO 12 Punya RAM 16 GB Siap Manjakan Pengguna, Simak Spesifikasi Lengkapnya-RJ-

Kedua model ini kabarnya akan menggunakan layar Samsung A7 AMOLED dengan 1 miliar warna yang mencakup seluruh gamut warna di CP3. Layar ini memiliki resolusi 1440 x 3200 piksel dan dilengkapi dengan sertifikasi HR plus untuk memberikan kualitas visual konten dengan rentang dinamis yang lebih matang.

Layar iQOO 12 memiliki diagonal 6,78 inci, dengan rasio luas yang membuatnya terlihat lebih menarik dan memanjakan mata saat digunakan untuk menonton atau bermain game.

Layar ini juga dilengkapi dengan kecerahan puncak 3.000 nits, peredupan PWM 21.160 Hz, serta memiliki pergerakan layar yang sangat halus dan responsif berkat refresh rate-nya yang tinggi, yakni 144 Hz, dan juga toou sampling rate yang juga tinggi. Hal ini memberikan pengalaman bermain game yang sangat mulus.

Dapur Pacu

Dari segi performa, sistem kinerja iQOO 12 dan iQOO 12 Pro ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 generasi 3 dengan fabrikasi 4 nanometer. Snapdragon 8 generasi ketiga membawa sejumlah peningkatan dibanding chip sebelumnya.

Arsitekturnya disesuaikan untuk lebih menyeimbangkan antara kinerja dan efisiensi. Hexagon di Snapdragon 8 generasi 3 memiliki kinerja 90,8% lebih tinggi dari sebelumnya dan juga 40% lebih efisien. Qualcomm menerapkan serangkaian peningkatan lain terkait spesifikasi Snapdragon 8 generasi ketiga.

Chip ini memiliki 8 INT CPU Kiro, tetapi dengan konfigurasi yang berbeda. Kedelapan inti CPU ini terdiri dari satu Core Cortex X4 dengan kecepatan 3,3 GHz, 5 performance core, dan 2 efficiency core, masing-masing berkecepatan 3,2 GHz dan 2,3 GHz.

Performa CPU Kiro di Snapdragon 8 generasi 3 yang dibuat dengan arsitektur 4 nanometer diklaim 30% lebih tinggi dari pendahulunya dan 20% lebih efisien.

Kemampuan grafis juga meningkat dengan penggunaan GPU Adreno terbaru yang memiliki kinerja 25% lebih tinggi dari sebelumnya dan lebih efisien dalam penggunaan daya sebesar 25%.

Kemampuan ray tracing juga ditingkatkan sebesar 40% untuk mendukung aktivitas multitasking. Prosesor ini dipadukan dengan RAM LPDDR5X hingga 16 GB, dengan teknologi RAM virtual 12 GB. Sementara penyimpanan internalnya berkisar antara 256 hingga 512 GB, menggunakan jenis penyimpanan UFS 4.0.

Dari segi perangkat lunak, iQOO 12 menjalankan sistem operasi berbasis Android 14 dengan antarmuka orisinal S4.

Kamera

Selanjutnya, pada bagian kamera, seri iQOO 12 dilengkapi dengan kemampuan fotografi yang handal, menggunakan sensor yang lebih baik, serta peningkatan signifikan pada kamera ultrawide dan telefoto.

Konfigurasi kamera belakang dari iQOO 12 dan 12 Pro akan terdiri dari sensor utama Onivision OV50H 50MP. Kamera utama ini mampu menghasilkan foto dengan sangat baik, dilengkapi dengan fitur OIS yang akan menjaga kestabilan gambar dan mengurangi blur.

Model Pro kemungkinan akan menggunakan lensa ultrawide Samsung GN15 50MP, serta kamera telefoto priskop OVI64B 64MP yang menawarkan kemampuan tiga kali zoom optik dan 100 kali zoom digital.

Kemampuan merekam video dari kamera pada ponsel ini mampu merekam pada resolusi yang sangat tinggi hingga 8K 30 FPS. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan jero sebagai gimbal otomatis untuk menjaga kestabilan videografinya.

BACA JUGA:5 Ponsel Ini Mirip Banget dengan iPhone Loh! Salah Satunya Vivo V21, Kameranya Mirip Banget iPhone?

Sumber: