Apa yang Terjadi pada Otak Orang Mabuk? Jangan Remehkan Akibatnya

Apa yang Terjadi pada Otak Orang Mabuk? Jangan Remehkan Akibatnya

Mabuk karena alkohol bisa sebabkan gangguan memori dan kerusakan otak, ini penyebabnya-Pixabay/rebcenter-moscow-

RADAR JABAR - Jika Anda menyukai menonton film mandarin tentang kungfu, pasti Anda tahu bahwa ada banyak teknik yang dapat digunakan ketika mabuk. Tetapi ada satu teknik yang sering muncul, yaitu gerakan tubuh yang fleksibel, langkah yang tidak teratur, yang justru membuat gerakan bela diri semakin unik.

Apa yang sebenarnya terjadi pada otak orang mabuk? Apakah akan membuat kita jago kungfu? Tentunya tidak begitu. Ketika seseorang dalam kondisi mabuk, komunikasi antara saraf-saraf di otak kita sebenarnya terhambat, mereka bermain-main seperti anak-anak.

Setiap orang harus fokus untuk memahami pesan, tetapi jika salah satu informasi tidak diinterpretasikan dengan benar, semuanya menjadi berantakan. Hal ini seringkali menyebabkan perilaku aneh pada orang yang mabuk, yang sulit untuk dimengerti.

Lalu, mengapa alkohol yang masuk ke perut dapat mencapai otak? Ini terjadi karena alkohol masuk ke perut, kemudian diserap oleh darah dan menuju ke hati. Di sini, alkohol diubah menjadi zat yang berbahaya bagi tubuh kita.

BACA JUGA:Bahaya Alkohol Bagi Tubuh, Simak Penjelasannya!!!

Namun, enzim dalam tubuh kita bekerja keras untuk mengubahnya menjadi zat yang lebih sehat dan aman. Sayangnya, proses ini memerlukan waktu, seperti antrian yang panjang. Terkadang, ada alkohol yang nakal dan lolos ke otak, sehingga akhirnya memengaruhi otak.

Selain membuat seseorang mabuk, alkohol juga mempengaruhi produksi hormon dan mengganggu keseimbangan tubuh kita.

Itulah sebabnya orang yang mabuk sering berjalan sempoyongan dan menjadi lebih percaya diri untuk mendekati seseorang, karena alkohol memengaruhi bagian otak yang mengendalikan kepribadian.

Efek alkohol pada setiap individu dapat berbeda-beda, tergantung pada tiga faktor yang memengaruhinya. Namun, seberapa besar atau kecil pengaruh alkohol pada tubuh Anda, jangan remehkan dampaknya bagi kesehatan.

BACA JUGA:Dampak Bahaya Alkohol bagi Kesehatan: Mengungkap 10 Konsekuensi Serius yang Harus Diketahui

Kadar alkohol yang berlebihan dalam tubuh kita dapat mengacaukan sistem kerja hormon dan pernapasan, bahkan dapat berakibat fatal.

Jadi, sayangnya, mabuk tidak akan membuat kita menjadi ahli kungfu. Sebaliknya, dapat menyebabkan gangguan kesehatan sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian. Jadi, daripada minum alkohol, lebih baik kita mulai hidup sehat dengan minum air putih setiap hari.

Alkohol Bisa Sebabkan Gangguan Memori Otak

Alkohol memiliki kemampuan untuk mengganggu fungsi memori, bahkan setelah mengonsumsi hanya beberapa minuman. Ketika jumlah alkohol yang dikonsumsi semakin meningkat, tingkat gangguan memori juga akan semakin parah.

Terutama ketika alkohol dikonsumsi dalam jumlah besar, terutama saat perut dalam keadaan kosong atau dikonsumsi dengan cepat, efeknya dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau periode waktu di mana seseorang yang mabuk tidak dapat mengingat rincian peristiwa tertentu, bahkan keseluruhan peristiwa.

Sumber: