5 Jenis Jamu Bisa Kecilkan Lemak Perut, Bye Bye Perut Buncit!

5 Jenis Jamu Bisa Kecilkan Lemak Perut, Bye Bye Perut Buncit!

5 Jenis Jamu Bisa Kecilkan Lemak Perut, Bye Bye Perut Buncit!-Ilustrasi Jamu Kunyit yang bermanfaat untuk kecilkan perut buncit-Freepik/azerbaijan_stockers

RADAR JABAR - Selain memiliki khasiat untuk tubuh, jamu juga ternyata dapat mengecilkan lemak perut yang membuat perut buncit. Sebagai minuman yang merupakan warisan budaya Indonesia, jamu telah digunakan secara turun-temurun sebagai solusi alami untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk mengatasi lemak perut yang mengganggu penampilan.

Lemak perut seringkali menjadi masalah bagi banyak orang, terutama dalam upaya untuk mencapai tubuh yang lebih sehat dan proporsional. Selain makanan diet lainnya, jamu juga bisa dikonsumsi untuk mengecilkan Lemak perut.

Minuman herbal tradisional asal Indonesia yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti rempah-rempah, tumbuhan obat, akar-akaran, dan tanaman lainnya. Jamu juga terkenal memiliki berbagai manfaat kesehatan pada tubuh.

Ada beberapa jenis jamu yang secara khusus dirancang untuk membantu mengecilkan lemak perut. Meskipun hasil yang diberikan dapat bervariasi dari individu ke individu, jamu juga terbilang cukup efektif dalam mengecilkan lemak perut.

BACA JUGA:7 Menu Diet untuk Mengecilkan Perut Buncit: Pilihan Sehat yang Efektif Namun Rasa Makanan Tetap Lezat!

Berikut Jenis Jamu yang Dapat Mengecilkan Lemak Perut

1. Kunyit (Curcuma longa) 

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Senyawa aktif dalam kunyit, seperti kurkumin, diyakini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan proses metabolisme lemak.

Untuk mengonsumsinya, anda hanya perlu mengupas kulit kunyit terlebih dahulu lalu direbus hingga matang. Jamu kunyit juga bisa dicampur dengan lemon ataupun madu.

2. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe dikenal karena efek termogeniknya, yang dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Ini dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori, termasuk lemak perut.

Selain dijadikan bahan jamu, jahe juga sering dijadikan menu minuman sehat seperti bandrek dan bajigur. Jamu jahe memiliki rasa yang pedas namun hangat yang mampu menghangatkan tubuh.

BACA JUGA:5 Minuman Sehat Untuk Melunturkan Perut Buncit! Berat Badan Auto Cepat Turun? Gampang Buatnya

3. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Temulawak memiliki manfaat serupa dengan kunyit dan biasanya digunakan bersama-sama dalam jamu. Kandungan zat aktif dalam temulawak dapat membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

Selain untuk mengecilkan lemak perut, temulawak juga dapat meningkatkan nafsu makan, mengatasi gangguan sembelit, diare, bahkan hingga mengatasi gangguan fungsi hati. temulawak juga memiliki kandungan anti oksidan serta anti bakteri yang tinggi dan mampu menurunkan kolesterol.

4. Beras Kencur (Kaempferia galanga)

Salah satu jamu yang memiliki rasa manis dan seringkali dijadikan jamu favorit untuk anak-anak. Beras kencur mengandung senyawa yang dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu mengurangi pembengkakan perut.

Selain digunakan untuk mengecilkan lemak perut, beras kencur juga bermanfaat untuk meredakan sakit maag, mual, muntah, hingga perut kembung. Bagi wanita, beras kencur juga bermanfaat untuk kesuburan.

5. Lengkuas (Alpinia galanga)

Sumber: