Tips Menanam Cabai di Rumah Sendiri, Hemat Biaya dan Bisa Jadi Cuan!

Tips Menanam Cabai di Rumah Sendiri, Hemat Biaya dan Bisa Jadi Cuan!

Tips Menanam Cabai di Rumah Sendiri, Hemat Biaya dan Bisa Jadi Cuan!-Tanaman cabai yang bisa ditanam sendiri di rumah-Freepik

Siram tanaman secara teratur namun jangan sampai media tanam terlalu basah.

Penanaman ke Tempat Tetap

Setelah bibit tumbuh lebih besar dengan daun yang kuat, biasanya dalam 4-6 minggu, tanam bibit cabai ke tempat tetap di halaman atau pekarangan anda.

Pastikan jarak tanam antara bibit cukup, tergantung pada varietas cabai yang anda pilih.

BACA JUGA:Mau Berkebun Tapi Bingung? Ini 10 Rekomendasi Tanaman Hias dengan Perawatan Mudah untuk Pemula

Penyiraman dan Pemupukan

Lakukan penyiraman secara teratur, terutama saat cuaca panas. Namun, hindari genangan air yang berlebihan. Lakukan pemupukan dengan pupuk organik atau pupuk khusus tanaman berbunga untuk mendukung pertumbuhan cabai yang baik.

Pemangkasan dan Pengendalian Hama

Pemangkasan dapat membantu merangsang pertumbuhan cabai yang lebih subur. Jika anda melihat tanda-tanda hama atau penyakit, lakukan tindakan pengendalian segera.

Anda bisa menggunakan metode alami atau bahan kimia yang aman bagi tanaman dan lingkungan.

Pelatihan Tanaman (Staking)

Beberapa varietas cabai mungkin memerlukan dukungan tambahan untuk mencegah cabai jatuh atau merunduk. Anda bisa menggunakan tugal atau rangkaian kawat sebagai penyangga.

Panen Cabai

Cabai biasanya dapat dipanen setelah mencapai ukuran yang cukup besar dan warnanya sudah matang. Pilih cabai dengan hati-hati, gunakan gunting tajam untuk memotong batangnya dengan merata.

Menanam cabai di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Selain dapat menyediakan cabai segar untuk masakan, anda juga bisa menjual kembali hasil panen cabai yang bisa menghasilkan uang.

Dengan mengikuti panduan ini, anda akan memiliki kebun cabai yang subur di halaman rumah Anda. Selamat menanam dan panen yang melimpah!

Sumber: