IPB Resmi Membuka Pendaftaran Fakultas Kedokteran Mulai 5-11 Agustus 2023

IPB Resmi Membuka Pendaftaran Fakultas Kedokteran Mulai 5-11 Agustus 2023

IPB Resmi Membuka Pendaftaran Fakultas Kedokteran Mulai 5-11 Agustus 2023-Rektor IPB Arif Satria saat dijumpai dalam jumpa pers pembukaan pendaftaran Fakultas Kedokteran di Kafe Taman Kencana di Kampung IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Sabtu (5/8).-ANTARA/Linna Susanti

Radar Jabar - IPB University membuka pendaftaran Fakultas Kedokteran (FK) yang mengintegrasikan ilmu kedokteran manusia dan hewan. Ini bertujuan mendukung konsep one health dalam mencegah penularan penyakit hewan terhadap manusia lewat ragam penelitian berbasis kekayaan alam Indonesia.

 

Rektor IPB University, Arif Satria, menyebut perkembangan ilmu kedokteran dan tantangan penyakit yang juga meluas serta studi-studi mereka sudah kompleks membuat pembukaan FK menjadi sangat strategis.

 

"Ini strategis, karena IPB sudah punya prodi-prodi yang mendukung dan fakultas kedokteran hewan, sehingga konsep one health bisa kita kejar," ujar Arif saat jumpa pers di Taman Koleksi IPB di Kampus Baranangsiang, Sabtu, dikutip dari Antara.

 

Menurut Arif, kekayaan alam Indonesia, hutan dan laut, dapat menjadi gudang penelitian obat serta kesehatan terbesar di dunia. Tidak hanya itu, obat-obat herbal yang sekarang ramai digunakan pun banyak adalah penelitian dari Indonesia.

 

"Apa negara punya obat herbal? Kita yang punya. Ini menjadi keunggulan kita, Indonesia, IPB," katanya.

 

Melansir dari Antara, kuota pertama pembukaan Fakultas Kedokteran IPB sebanyak 50 orang calon dengan 20% di antaranya diberikan kesempatan untuk beasiswa tidak mampu. Pendaftaran dibuka mulai 5 Agustus 2023 - 11 Agustus 2023.

 

Dari total 50 kuota mahasiswa kedokteran, tahun ini, jalur masuk yang dibuka cuma via seleksi mandiri masuk IPB (SM-IPB). Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana.

 

Sumber: