Jangan Salah, Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai 4 Jenis Kulit Wajah

Jangan Salah, Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai 4 Jenis Kulit Wajah

Cara memilih toner sesuai jenis kulit wajah-Unsplash-

RADAR JABAR – Cara memilih toner memerlukan pertimbangan yang hati-hati sesuai dengan kebutuhan dan sesuai tipe kulit wajah setiap orang. Hal ini penting agar toner dapat berfungsi dengan efektif dan mencegah terjadinya iritasi dan masalah kulit lainnya.

Toner bisa berfungsi untuk menyegarkan wajah, memberikan efek pencerahan, serta membantu proses regenerasi kulit. Cara memilih toner sesuai jenis kulit wajah haruslah yang berbahan dasar air. Dengan tekstur yang ringan dan berbasis air, toner sangat mudah diaplikasikan pada wajah dan dengan mudah meresap ke dalam kulit.

Selain itu, terdapat beberapa cara untuk mengaplikasikan toner agar memberikan hasil maksimal. Salah satunya adalah dengan menuangkan toner ke kapas dan mengusapkannya secara langsung ke wajah. Selain itu, toner juga dapat digunakan sebagai campuran masker untuk manfaat tambahan pada kulit.

Karena menggunakan hanya sabun pembersih untuk mencuci wajah tidaklah mencukupi untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel di kulit. Terutama bagi orang yang aktif, kotoran dapat semakin banyak menempel di wajah.

Toner dapat menjadi solusi yang efektif untuk memaksimalkan pembersihan sisa-sisa riasan wajah dan kotoran yang masih tersisa di kulit. Dengan toner, pH kulit tetap terjaga, kulit menjadi lebih halus, bintik-bintik hitam berkurang, dan kuman penyebab jerawat hilang.

BACA JUGA:7 Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah, Kenali Juga Efek Samping Bahan Ini

Selain itu, kulit yang segar dan bersih akan membuat produk perawatan wajah lainnya, seperti serum atau krim anti penuaan, lebih mudah terserap oleh kulit.

Cara Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit Wajah

Berikut adalah cara memilih toner sesuai jenis kulit wajah yang selalu dibutuhkan setiap orang, terutama bagi yang selalu menggunakan riasan make up setiap harinya.

1. Toner Kulit Berminyak

Cara memilih toner untuk kulit berminyak, pilihlah toner yang memiliki kemampuan mengontrol dan mengurangi produksi sebum. Kulit berminyak cenderung terjadi karena produksi sebum yang berlebihan.

Toner yang mengandung vitamin A atau retinol telah terbukti efektif dalam menekan produksi sebum dan mengurangi efek berminyak pada kulit. Bahan alami seperti tea tree oil juga merupakan alternatif yang baik dalam toner untuk membantu mengontrol kadar minyak berlebih.

BACA JUGA:5 Cara Membuat Wajah Cerah daan Glowing, Dijamin Langsung Manjur Dalam Seminggu!!

Sebaliknya, hindari penggunaan toner yang mengandung bahan komedogenik, seperti mineral oil, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan pembentukan komedo. Pilihlah toner dengan kandungan yang sesuai untuk mengatasi masalah kulit berminyak dengan efektif.

2. Toner Kulit Kering

Cara memilih toner untuk kulit kering, disarankan untuk menggunakan hydrating toner yang mengandung hyaluronic acid. Hyaluronic acid berfungsi sebagai magnet kelembapan yang dapat memberikan efek hidrasi dan menjadikan kulit terasa lembut serta kenyal.

Hindari penggunaan exfoliating toner yang dapat memperburuk gejala kulit kering. Penting untuk memahami bahwa kulit kering dapat ditandai dengan bercak kasar atau bersisik di wajah. Kulit kering dapat terjadi secara alami, atau dapat disebabkan oleh reaksi terhadap bahan-bahan dalam produk perawatan kulit.

3. Toner Kulit Sensitif

Sumber: