Erick Bantah Biaya Renovasi JIS Sebesar Rp 5 T

Erick Bantah Biaya Renovasi JIS Sebesar Rp 5 T

Erick Bantah Biaya Renovasi JIS Sebesar Rp 5 T--Antara news

RADAR JABAR- Ketua Umum PSSI yakni Erick Thohir membantah mengenai kabar soal biaya renovasi Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang bernilai Rp 5 triliun.

Nilai tersebut setara dengan biaya pembangunan diawal. Informasi ini juga sempat beredar di media sosial.

Erick mengatkan bahwa total anggaran pemerintah untuk merenovasi 22 stadio hanya senila Rp 1,9 triliun. Renpvasi ini dilakukan karena Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 10 November – 2 Desember 2023 mendatang.

"Kemarin dipolemikkan ini stadion dibangun Rp 5 triliun, renovasinya Rp 5 triliun, nggak ada renovasi Rp 5 triliun. Total budget renovasi 22 stadium Rp 1,9 triliun. Jadi kan kemarin biasa, ini banyak penyebar hoax sekarang karena sosial media," ujar Erick pada awak media, Kamis (6/7/2023).

BACA JUGA:FIFA Tak Mungkin Nilai JIS dari Unsur Politis Dalam Pemilihan Venue Piala Dunia U-17….Kata Erick Thohir

"Stadion JIS dibangun Rp 5 triliun atau Rp 4,5 triliun, mau direnovasi Rp 5 triliun cari proyek, lah? Orang rumputnya aja cuma Rp 6 miliar," lanjut Erick.

Ketum PSSI ini juga membeberkan rencana renovasi JIS. Selain pada bagian rumputnya yang akan diganti, akses masuk menuju JIS juga akan dipecah menjadi 4 gerbang. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kejadian yang dulu yakni tragedi Kanjuruhan.

"Kan sekarang aksesnya cuma di tengah tuh 1, terus diputari oleh pagar, nah kebayang nggak kalau dalam pagar itu ada keributan? Atau di pintu depan terjadi sesuatu? Kan nggak bisa keluar," ujarnya.

Selain menambah akses pintu masuk dan keluar, Erick juga akan menambah lahan parkir agar bisa menampun 82.000 kendaraan. Dalam hal ini pihak pemerintah akan membangung jembatan penyebrangan yang terhubung dengan Taman Impian Jaya Ancol.

"Jadi di situ ada keterbatasan parkir, 82.000 kapasitas parkir yang sementara hari ini jadi 1.300. Kemarin waktu konser Dewa banyak yang parkir di Ancol kerja sama, berarti kan ada potensi lahan parkir di Ancol yang besar, tetapi kita perlu cari jalan keluar, apa jembatan penyeberangan dari Ancol menuju stadion, nah itu jadi ada bolong lagi supaya orang bisa ke sana kalau jalan," tambahnya.

Sumber: