Tips Sehat Mengonsumsi Daging Kurban Saat Idul Adha

Tips Sehat Mengonsumsi Daging Kurban Saat Idul Adha

Sate Kambing. Menu yang Sering Dikonsumsi Masyarakat saat Perayaan Idul Adha. --

 

 

RADAR JABAR - Hari Raya Idul Adha tentu identik dengan pemotongan hewan kurban. Pada saat itu, masyarakat berkesempatan mengonsumsi daging lebih banyak dari hari-hari biasa.

 

Apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi daging kurban agar tubuh tetap sehat? Mari kita simak tips sehat mengonsumsi daging kurban saat Idul Adha berikut ini : 

 

Pisahkah bagian lemak dari daging sebelum memasaknya ya!

Dalam proses pengolahan, jangan lupa pisahkan bagian yang berlemak dari daging tersebut saat membersihkanya. Selain itu ketika mengkonsumsi daging, upayakan mengurangi makanan manis seperti aneka kue dan sirup.

Pilihlah memasaknya dengan cara dipanggang daripada digoreng karena lebih sehat, terutama untuk daging kambing

Hal ini dikarenakan lemak pada daging kambing yang dibakar akan berkurang saat proses pembakaran terjadi. Akan lebih baik jika menambahkan bumbu rempah-rempah sebelum dipanggang. Namun, perhatikan agar tidak memanggangnya hingga terlalu gosong ya karena zat karsinogeniknya dapat memicu penyakit kanker.

Makanlah Dalam Porsi Kecil

Upayakan untuk tidak mengkonsumsi daging kurban dalam porsi yang besar. Hal tersebut bisa mengakibatkan perut menjadi nyeri karena bagian kerongkongan bernama esophageal sphincter akan terasa penuh. Itu bisa membuat makanan kembali ke perut bagian atas.

Diet Kaya Serat

Usahakan untuk tetap mengkombinasikan daging kurban dengan Serat ya guys... Serat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan dan dapat mencegah terjadinya sembelit. Biasanya seseorang yang terlalu banyak makan daging akan mengalami susah BAB karena pencernaanya tidak lancar. Mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat seperti beras merah, gandum, buah, sayur dan kedelai bisa menjadi solusi dalam mencegah masalah pencernaan saat mengkonsumsi daging kurban.

Selain itu, menyisipkan beberapa sayuran seperti tomat, bawang merah atau bawang bombai pada masakan yang berlemak seperti daging kurban, dapat berfungsi untuk mengurangi lemak pada makanan tersebut. Tentu hal ini sangat penting agar membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah kita.

Hindari Konsumsi Daging Sebelum Tidur

Mengkonsumsi daging sebelum tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan karena bisa mengakibatkan makanan tedorong lagi ke esophageal sphincter. Selain itu kualitas tidur pun akan terganggu. Upayakan tidak mengonsumsinya 2-3 jam sebelum tidur.

Kurangi Mengonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat perut Anda menjadi mulas dan mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh. Hal ini akan membuat daging yang Kita konsumsi semakin sulit dicerna.

Perbanyak Minum Air Putih

Terakhir, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih. Meneguk air putih dapat mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan sehingga tidak terjadi sembelit dan melancarkan buang air besar. Selain itu, tubuh dengan kandungan cairan yang cukup memiliki banyak manfaat lainnya. Namun, sebisanya pilihlah minuman hangat dan sehat saat mengkonsumsi daging kurban terutama kambing. Misalnya minum air putih hangat atau air jeruk hangat dengan sedikit gula yang dapat membantu melancarkan kerongkongan. Hindari minuman seperti kopi, teh dan sirup.

Itulah tips sehat dalam mengkonsumsi daging kurban. Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H bagi semua yang Merayakan. (dr Widya Mkm)

 

Sumber: