Ini Tips Supaya Daging Kurban Kalian Tidak Mengeluarkan Bau Tidak Sedap Pas Mau Dimasak!

Ini Tips Supaya Daging Kurban Kalian Tidak Mengeluarkan Bau Tidak Sedap Pas Mau Dimasak!

Ini Tips Supaya Daging Kurban Kalian Tidak Mengeluarkan Bau Tidak Sedap Pas Mau Dimasak!-Daging Kurban-Freepik

RADAR JABAR - Pada momen Idul Adha, umat Muslim di seluruh dunia merayakan hari raya dengan berkurban hewan ternak seperti kambing dan selalu mendapat bagian daging kurban.

Namun, salah satu masalah umum yang sering muncul setelah kurban adalah bau tidak sedap yang berasal dari daging kurban kambing. Bau tersebut bisa menjadi pengganggu dan dapat mengurangi selera untuk mengonsumsi daging tersebut.

Untuk menghindari masalah ini, ada beberapa tips yang dapat diambil agar daging kambing kurban tetap segar dan bebas dari bau tidak sedap.

 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti

 

Persiapan Sebelum Kurban

Sebelum melaksanakan proses kurban, penting untuk mempersiapkan hewan dengan baik. Pastikan kambing dalam keadaan sehat dan bersih. Mandikan kambing dengan menggunakan air yang cukup bersih untuk membersihkan kotoran dan bau yang ada pada bulu kambing. Hindari menggunakan bahan kimia yang keras yang dapat meninggalkan residu pada kulit kambing.

 

BACA JUGA:Hati-Hati Menggiling Daging di Pasar! Risiko Kesehatan Ini Mengancam Jika Alat Tidak Bersih


Penanganan Setelah Kurban

Setelah proses penyembelihan selesai, penting untuk segera membersihkan daging kambing. Bersihkan dengan air bersih untuk menghilangkan darah dan kotoran yang masih menempel pada daging.

Hindari membiarkan daging terlalu lama tanpa penanganan, karena hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau tak sedap.


Perhatikan Pendinginan dan Penyimpanan

Salah satu faktor penting dalam mencegah bau pada daging kambing adalah menjaga suhu dan kelembaban yang tepat selama proses pendinginan dan penyimpanan.

Setelah membersihkan daging, pastikan untuk segera memindahkan daging ke tempat yang dingin, seperti kulkas atau ruangan berpendingin, untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Gunakan plastik pembungkus atau wadah yang kedap udara untuk menghindari daging terpapar udara dan kelembaban berlebih.

 

BACA JUGA:Empuknya Daging Kambing Kurban dengan Olahan Steak yang Menggiurkan!

 


Gunakan Bumbu dan Remah-Remah

Bumbu-bumbu alami seperti jahe, bawang putih, dan serai dapat membantu mengurangi bau tidak sedap pada daging kambing. Anda dapat memarut jahe atau bawang putih, kemudian mengoleskannya ke permukaan daging sebelum dimasak.

Selain itu, menggunakan remah-remah atau serbuk rempah seperti kayu manis, jintan, atau lada juga dapat memberikan aroma yang harum pada daging.


Pengolahan yang Tepat

Sumber: