Viral! Seorang Pria Meninggal Karena Alami Obesitas? Lakukan Ini, Jangan Sampai Kalian Mengalami Hal Serupa!

Viral! Seorang Pria Meninggal Karena Alami Obesitas? Lakukan Ini, Jangan Sampai Kalian Mengalami Hal Serupa!

Viral! Seorang Pria Meninggal Karena Alami Obesitas Lakukan Ini, Jangan Sampai Kalian Mengalami Hal Serupa!-Obesitas-Freepik

Lingkar pinggang lebih dari 102 cm pada pria dan lebih dari 88 cm pada wanita menunjukkan kecenderungan obesitas.

Perubahan Pola Makan

Kebiasaan makan yang tidak sehat adalah salah satu ciri khas orang yang terkena obesitas. Pola makan yang didominasi oleh makanan olahan, makanan cepat saji, makanan tinggi lemak, dan gula dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang signifikan.

Gaya Hidup Tidak Aktif

Orang yang memiliki gaya hidup yang kurang aktif, jarang berolahraga, dan menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer atau televisi berisiko lebih tinggi mengalami obesitas. Kurangnya aktivitas fisik menyebabkan penumpukan lemak dan kehilangan massa otot, yang merupakan faktor risiko obesitas.

 

BACA JUGA:5 Rutinitas Pagi Yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental dan Produktivitas Kerja

 

Cara Mengatasi Obesitas

 

Perubahan Pola Makan

Langkah pertama dalam mengatasi obesitas adalah dengan mengadopsi pola makan yang sehat. Mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat, dan mengurangi asupan makanan olahan serta makanan tinggi lemak dan gula dapat membantu menurunkan berat badan.

Aktivitas Fisik Rutin

Meningkatkan tingkat aktivitas fisik adalah hal penting dalam mengatasi obesitas. Mulailah dengan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki atau bersepeda, dan secara bertahap tingkatkan intensitas dan durasinya. Setidaknya 150 menit aktivitas fisik aerobik setiap minggu sangat dianjurkan.

Konsultasi dengan Ahli Kesehatan

Penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan, seperti dokter atau ahli gizi, untuk mendapatkan panduan dan saran yang tepat dalam mengatasi obesitas. Mereka dapat membantu menyusun rencana diet dan program olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kebutuhan individu.

Sumber: