Branding UMKM oleh Mahasiswa PPM Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga

Branding UMKM oleh Mahasiswa PPM Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga

Mahasiswa Praktik Pengembangan Masyarakat (PPM) Prodi Pengembangan Masyarakat (PMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksanakan pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kelompok Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Jetis Bantul, yang-Mahasiswa PMI UIN Sunan Kalijaga-Tangkapan Layar

RADAR JABAR-  Mahasiswa Praktik Pengembangan Masyarakat (PPM) Prodi Pengembangan Masyarakat (PMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksanakan pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kelompok Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Jetis Bantul, yang dimulai sejak akhir 2022 lalu. Pendampingan yang diberikan berupa pembuatan video dan poster produk UMKM. 

Branding adalah aktivitas yang dilakukan sebuah perusahaan atau pelaku usaha. Untuk meningkatkan komunikasi dengan penggunanya, agar berkembang menjadi besar dan terkenal. Sama hal nya seperti yang dilakukan mahasiswa PPM Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga dalam rangka membantu KPM yang memiliki UMKM potensial untuk berkembang. 

Program Branding UMKM dipresentasikan oleh mahasiswa PPM Pengembangan Masyarakat Islam di Joglo Kapanewon Jetis yang dihadiri Kepala Panewu Kapanewon Jetis Bapak Anwar Nur Fahruddin, S.STP., M.Eng, Ketua PMI UIN Sunan Kalijaga Ibu Siti Aminah S.Sos., M.Si, Dosen pendamping lapangan Bapak Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si, dan Bapak Muh. Rashif Hilmi, S.Si., M.Sc,  serta para pendamping PKH Kapanewon Jetis. 

Program ini diawali dengan pendataan UMKM potensial dari empat kelurahan kapanewon Jetis.UMKM potensial yang terdata berjumlah 10, yang didominasi UMKM sektor makanan. Selanjutnya proses survei, proses ini terbagi menjadi dua tahapan, sesi pertama bertujuan untuk mendapatkan data, berupa data diri pemilik usaha, produk, proses produksi, dan pemasaran. Sesi kedua adalah take video dan pengambilan gambar. Proses terakhir adalah editing, yang kemudian hasilnya berupa video dan poster akan diserahkan pada pendamping PKH Jetis. 

Dengan adanya program ini diharapkan mampu memberikan peningkatan penjualan bagi UMKM yang terlibat dalam program ini. 

Tentang PPM PMI PKH Kapanewon Jetis

Praktik Pengembangan Masyarakat (PPM) adalah salah satu program mata kuliah Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) yang bertujuan untuk memberikan bekal pada mahasiswa mengenai implementasi pemberdayaan masyarakat di lapangan. Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang berada dalam naungan Program Keluarga Harapan (PKH) Jetis Bantul merupakan salah satu target PPM Prodi PMI beberapa tahun ini, seperti tahun sebelumnya, kelompok PPM juga mendampingi KPM PKH Jetis. 

IG : @pkhjetis1

       @ppm.pkhjetis2

 

Sumber: