Satu RW, Satu Polisi. Kapolresta Bandung: Jaga Kondusifitas Keamanan

Satu RW, Satu Polisi. Kapolresta Bandung: Jaga Kondusifitas Keamanan

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo (kiri)-Agi/Jabar Ekspres-

RADARJABAR, KAB.BANDUNG - Guna mengurangi tindak pidana di berbagai wilayah khususnya di daerah-daerah. Polresta Bandung kini luncurkan program Polisi RW di wilayah Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo mengatakan jika program Polisi RW ini berperan untuk membantu berbagai permasalahan di tengah-tengah masyarakat.

Dia pun penyebut jika program Polisi RW ini sudah mengcover hampir semua RW di Kabupaten Bandung.

“Hadirnya Polisi RW, dimana kita bisa mengcover saat ini 73 persen dari RW yang ada di Kabupaten Bandung dan kita akan terus melengkapi step by step," ujar Kusworo saat dihubungi, Minggu (14/5/2023).

Kusworo menjelaskan jika adanya program ini untuk memberikan intensitas kepada masyarakat dengan bertemu langsung di setiap RW. Sehingga nantinya jika ada permasalahan akan cepat ditangani.

“Jadi ibarat api, ketika api masih kecil akan mudah dipadamkan. Nah begitu pula permasalahan di masyarakat yang akan lebih mudah untuk dipadamkan,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Kusworo dengan adanya program ini semoga bisa menjaga kondusifitas keamanan khususnya di Kabupaten Bandung ini.

“Kami berharap kondusifitas keamanan di Kabupaten Bandung ini tetap terjaga dan juga restorative justice ini pun bisa semakin dirasakan,” jelasnya

Adapun lanjut Kusworo personil yang nantinya akan diturunkan dalam program Polisi RW ini sekitar 750 personil dan mengcover dua sampai tiga RW.

“Dimana satu personel bisa mengcover sementara dua sampai tiga RW. Bahkan ada yang lima RW bagi yang rumahnya memang disitu dan berdekatan,” terangnya.

Adapun Polisi RW ini akan berbeda tugasnya dengan petugas Bhabinkamtibmas yang ada di setiap daerah.

Menurutnya tugas Polisi RW ini untuk mengkoordinir dengan Bhabinkamtibmas dan juga beberapa tokoh masyarakat.

“Jadi Polisi RW ini akan di koordinir oleh Bhabinkamtibmas, Bhabinkamtibmas sudah mengetahui tokoh masyarakat, tokoh agama di desanya. Ini diinformasikan di tingkat rwnya siapa, sehingga Polisi RW bisa menyentuh terlebih dahulu ke para tokoh-tokoh tersebut," pungkasnya.***

Sumber: satu rw satu polisi