Kampung Senyum Subang: Mengenal Kearifan Lokal dan Budaya Melalui Destinasi Wisata

Kampung Senyum Subang: Mengenal Kearifan Lokal dan Budaya Melalui Destinasi Wisata

Destinasi Wisata Budaya Kampung Senyum Subang--Instagram: kampungsenyum

RADAR JABAR - Destinasi wisata Kampung Senyum berada di Kabupaten Subang dan salah satu destinasi wisata yang mengusung budaya dan kearifan lokal.

Kampung Senyum ini menjadi surga terpendam yang terdapat di Kabupaten Subang serta menjadi objek wisata yang sudah merambah ke mancanegara.

Banyak turis-turis mancanegara yang berkunjung ke tempat wisata ikonik Subang tersebut.

Selain untuk menikmati keindahan alamnya namun pengunjung pun dapat belajar bagaimana masyarakat disana hidup berdampingan dan tetap menjaga budaya serta adat istiadat leluhur yang hingga kini masih terus dijaga dan dijunjung tinggi.

Bagi anda yang berencana untuk berkunjung ke Kampung Senyum tersebut.

Berikut ini ulasan lengkap tentang Kampung Senyum, Kabupaten Subang, Jawa Barat!

Lokasi Objek Wisata Kampung Senyum

Kampung Senyum berada di Desa Cibeusi, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat dan masih satu wilayah dengan objek wisata Curug Cibareubeuy. Untuk akses menuju lokasi wisata tersebut, dapat ditempuh selama kurang lebih 1-2 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung. 

Untuk jalurnya sendiri, pengunjung dapat melewati jalur Bandung-Lembang lalu ketika sudah memasuki perbatasan Lembang-Subang yang diantaranya terdapat juga objek wisata Tangkuban Parahu, Lembang.

Ketika sudah memasuki wilayah Kabupaten Subang anda dapat melakukan perjalanan sekitar 15-20 menit menuju Ciater, Subang dan lokasi pintu masuk wisata Kampung Senyum sudah dapat terlihat dari situ. 

Akses Menuju Lokasi Wisata Kampung Senyum

Saat anda sudah berada di area parkir Desa Cibeusi menuju pintu masuk menuju Kampung Senyum, anda cukup membayar parkir yang dikelola oleh warga sekitar.

Akses menuju lokasi wisata Kampung Senyum ini terdapat dua jalur, yang pertama anda bisa melalui jalur persawahan yang dimana akses jalannya merupakan jalan setapak. 

Melalui jalur persawahan ini anda bisa menempuh jarak selama 1-2 jam, meskipun jalur yang ditempuh ini cukup sulit karena harus menghadapi beceknya lumpur persawahan, serta jalan yang lumayan curam dari bebatuan dan cukup licin. 

Jalur kedua anda bisa melalui akses jalan melalui pegunungan dan hutam yang masih rimba, melalui jalur ini anda akan disuguhi keindahan hutan lebat yang masih sangat terjaga.

Bagi anda yang menyukai jalur yang cukup ekstrem, mungkin melalui jalur kedua ini dapat jadi salah satu alternatif perjalanan menuju Kampung Senyum.

Tiket Masuk Objek Wisata Kampung Senyum

Tiket masuk Kampung Senyum, Subang ini sebenarnya tidak dipatok dengan harga tertentu.

Namun, anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.10Rb-Rp.20Rb saja untuk kendaraan roda dua dan roda empat. 

Lalu untuk tiket masuk objek wisata disekitaran Kampung Senyum lainnya seperti Curug Cibareubeuy dan Curug Pandawa pun hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp.10Rb hingga Rp. 15.000 saja.

Sekedar informasi, untuk harga tiket dan lain-lain dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola tempat wisata.

Sementara untuk tiket masuk di objek wisata Kampung Senyumnya sendiri tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Namun, untuk fasilitas lainnya yang akan dikenakan biaya seperti menyewa tempat tidur, makanan, minuman, dan lain-lain. 

Fasilitas di Kampung Senyum

Pengelola objek wisata Kampung Senyum diurus langsung oleh pengelolanya yaitu Abah Rosid atau yang akrab disapa Bah Ocid.

Beliau sendiri mengurus objek wisata Kampung Senyum bersama Istri dan Anaknya, beliau pun sekaligus pendiri objek wisata Kampung Senyum itu sendiri. 

Disini pengunjung akan disambut seolah tamu kerajaan dan akan disambut secara langsung oleh Bah Ocid sendiri.

Pengunjung akan disuguhi dengan penampilan musik "Calempung" yang merupakan alat musik tradisional khas Sunda yang dimainkan langsung oleh Bah Ocid sendiri. 

Bah Ocid akan menyuguhi dengan bandrek atau bajigur minuman khas Sunda dan akan menyuguhi pengunjung dengan makanan yang telah disajikan oleh Istrinya Bah Ocid yaitu nasi liwet komplit.

Selain itu, pengunjung juga dapat membeli beberapa jajanan lainnya seperti kopi, cemilan, dan sebagainya di warung milik Bah Ocid.

Setiap pagi harinya, anda dapat menikmati sarapan yang juga merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Bah Ocid di Kampung Senyum.

Pengunjung juga dapat menikmati air "Pe'eut" atau air lahang yang berasal dari gula merah yang difermentasi.

Bah Ocid kerap memberikan hiburan untuk para pengunjungnya sehingga pengunjung dapat merasakan keakraban satu sama lain dengan hiburan yang di berikan oleh Bah Ocid sendiri.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi tentang objek wisata di Subang yaitu Kampung Senyum.

Banyak alasan mengapa Kampung Senyum selalu dirindukan, selain keindahan alamnya yang sangat memanjakan mata, namun kedamaian yang dirasakan dengan menyaksikan secara langsung bagaimana kearifan lokal dan juga adat istiadat masyarakat yang masih dijunjung tinggi menjadi salah satu daya tarik sendiri.

Tak lupa juga dengan apa yang dilakukan Bah Ocid sendiri dalam memberikan pelayanan pada pengunjungnya.

Meskipun Bah Ocid tidak mengenal satu per satu dari mereka, namun perlakukan seolah beliau seperti saudara yang sudah tak bertemu lama.

Rangkulan hangat dan candaan Bah Ocid menjadi salah satu daya tarik yang akan sangat dirindukan oleh pengunjung di Kampung Senyum, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

 

Sumber: