Live Streaming saat Beribadah, MUI Jabar: Khawatir Ganggu Kekhusyukan

Live Streaming saat Beribadah, MUI Jabar: Khawatir Ganggu Kekhusyukan

ILUSTRASI: Viral di Medsos Imam Tarawih sambil Live Streaming.--

RADARJABAR.ID, - Fenomena live streaming atau siaran langsung di sosial media saat beribadah kini tengah menjamur masyarakat. 

Terlebih, berbagai bentuk aktivitas pun udah sangat mudah dipublikasi dengan salah satunya mengunakan fiture live streaming.

baru-baru ini, salah seorang imam masjid viral di medsos lantaran melakukan live streaming saat memimpin jamaah melangsungkan solat tarawih. Sehingga berbagai komentar pun keluar dari para penguna sosmed atau biasa disebut netizen.

Menanggapi hal itu, Majelis Ulama Indonesia  Provinsi Jawa Barat (MUI Jabar) mengungkapan bahwa dengan cara tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kekhusyukan saat melangsungkan ibadah.

"Solat ini kan komunikasi langsung dengan Allah. Jadi kalau di live streaming kan seperti itu khawatir akan merubah motivasi atau niat bahkan mengurangi kekhusyukan pada saat solat itu sendiri," ujar Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar saat dikonfirmasi, Senin (27/3).

Rafani menambahkan, saat melangsungkan solat apalagi tarawih, Imam di tuntut untuk benar-benar khusyuk.

"Jadi motivasi atau nawaitunya (niat) itu untuk apa, apalagi ini kan sedang solat," ucapnya

Meski begitu, Rafani mengaku bahwa MUI khususnya Jabar sampai saat inibelum mengeluarkan tafsiran atau fatwa yang  mengatur terkait penggunaan live streaming saat sedang melangsungkan ibadah khusunya solat.

"Kita belum ada fatwanya seperti apa, itu harus melalui kajian dulu supaya nanti pendapat yang disampaikannya itu tepat dan konverhensif," pungkasnya

Diketahui, pengguna sosial media Tiktok dikagetkan dengan adanya postingan yang diunggah oleh akun @thorong_kedip7 yang menunjukan salah seorang imam melakukan live streaming saat memimpin jamaah melangsungkan solat tarawih.

Sumber: