Lurah Tanah Baru Ajak Warga Optimalkan Lahan Kosong di Perkampungan

Lurah Tanah Baru Ajak Warga Optimalkan Lahan Kosong di Perkampungan

Lurah Tanah Baru, Uay Setiawan bersama Ketua Bogor Hejo Foundation, Amalia Dian Puspitasari saat simbolisasi penanaman pohon jambu di Kampung Sela Awi, Jumat (27/1). (Yudha Prananda / Jabar Ekspres)--

RADARJABAR.ID - Lurah Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor Uay Setiawan mengajak warganya untuk melakukan optimalisasi lahan kosong yang ada wilayah dengan gerakan  menanam pohon.

Sebagai langkah awal, pihaknya mendorong masyarakat berkolaborasi dengan Bogor Hejo Foundation untuk melakukan penghijauan lingkungan di Kampung Sela Awi RT 01 RW 03 pada Jumat, 27 Januari 2023.

Menurutnya, elemen masyarakat harus terlibat langsung dalam upaya penghijauan terutama di lahan kosong yang berada di sekitar tempat tinggal. Hal itu, salah satu upaya bentuk kepedulian terhadap lingkungan ditengah masivnya sejumlah pembangunan di wilayahnya.

"Saat ini Tanah Baru menjadi kawasan pembukaan baru untuk perumahan dan berbagai area komersial lainnya. Sehingga dengan adanya program penanaman terutama di lahan yang belum terbangun atau lahan tidur bisa menjadi alternatif bagi kelestarian lingkungan," ungkapnya kepada wartawan usai menanam pohon di Kampung Sela Awi pada Jumat, 27 Januari 2023.

Selain mengajak masyarakat untuk terlibat dalam penghijauan lingkungan tersebut, pihaknya menggerakkan elemen masyarakat di Kelurahan Tanah Baru untuk mengikuti program Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani Dewasa (KTD).

"Sehingga warga bisa tetap mendapatkan manfaat dari penanaman seperti oksigen dan ketahanan pangan," tuturnya. 

"Banyak lahan tidur di kawasan Tanah Baru yang bisa menjadi garapan masyarakat, sehingga pihaknya mengoptimalkan kegiatan KWT dan KTD menjadi pionir dalam menciptakan kelestarian lingkungan dari mulai perumahan sekitar," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bogor Hejo Foundation Amalia Dian Puspitasari menjelaskan, upaya kolaborasi dengan aparatur pemerintah daerah dari mulai tingkat Kota Bogor hingga kelurahan, menjadikan salah satu cara menggerakkan masyarakat untuk rajin melakukan kelestarian lingkungan salah satunya dengan menanam pohon di lingkungan sekitar permukiman.

"Kita setiap Jumat melakukan berbagai kegiatan kemasyarakatan salah satunya dengan menanam pohon di area yang menjadi perhatian salah satunya di wilayah lahan tidur yang berada di Tanah Baru ini sehingga masyarakat dapat memetik hasil dari pohon yang mereka tanam," tuturnya.

Usai penanaman itu, sambung dia, diharapkan pengurus wilayah setempat bisa turut memelihara pohon-pohon yang telah ditanam. Bahkan jika membutuhkan pupuk, dirinya meminta untuk segera berkomunikasi dengan Bogor Hejo Foundation.

Dia mengaku, pihaknya juga akan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pohon yang mereka sudah tanam dengan menitipkan kepada warga masyarakat untuk dapat merawat sehingga terjaga lingkungan sekitar dengan adanya pohon sebagai sumber kehidupan.

"Kita akan kontrol kembali pohon yang sudah kita tanam, semoga pohon yang kita tanam bisa bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.***(YUD)

Sumber: