TIPS Jitu Hindari Kecanduan Ngonten dan Berlama-lama di Medsos

TIPS Jitu Hindari Kecanduan Ngonten dan Berlama-lama di Medsos

Ilustrasi kecanduan media sosial-pixabay-

Cara mudahnya, kamu bisa memposisikan diri sebagai orang lain yang akan melihat kontenmu. Jika itu merasa tidak baik untuk diunggah, lebih baik batalkan untuk memposting di media sosial.

Era digital saat ini sangat mudah untuk disebar meski konten telah dihapus. Karena itu, hati-hati sebelum menggunggah konten ke hadapan publik.

3. Hindari mengecek konten terlalu sering

Setelah kamu memposting konten, pastinya kamu ingin tahu siapa saja yang memberikan like atau sekedar melihat kontenmu. Wajar, karena sifat seseorang yang penasaran dalam berbagai hal.

Sebaiknya, jangan terlalu sering mengecek siapa saja yang telah melihat kontenmu. Khawatir kamu menjadi tidak fokus karena waktumu hanya untuk mengecek konten.

4. Keluar dari akun media sosial usai digunakan

Terkadang, seseorang sengaja untuk tidak keluar dari akun media sosial agar selalu update dengan perkembangan informasi. Hal ini baik, namun akan membuatmu menjadi tidak fokus.

Kenapa? Karena pekerjaanmu akan terganggu dengan suara notifikasi dari media sosial yang akhirnya kamu lihat terlebih dahulu. Ini tentunya sangat mengkhawatirkan karena bisa menjadi candu.

Usai bermedia sosial, sebaiknya log out terlebih dahulu akunmu agar tidak mengganggu pekerjaan yang sangat penting. Keluar sementara dari media sosial tak akan membuatmu kehilangan berita hangat.

5. Jauhi media sosial untuk sementara waktu

Konten media sosial memang sangat beragam. Tentunya kamu tak mau kalah dengan orang lain yang menggunggah sebuah konten.

Namun, adakalanya seseorang mengunggah konten yang kurang baik dan berdampak buruk untukmu. Alhasil, kamu merasa minder untuk berselancar di media sosial.

Hal itu tentu membuatmu menjadi tidak nyaman dan merasa tidak percaya diri.

Bila kamu merasa seperti itu, sebaiknya rehat dulu dari media sosial agar pikiran dan perasaan menjadi tenang. Kamu bisa menggantinya dengan berbagai aktivitas lain yang menyenangkan untuk mengembalikan semangatmu.

Dengan begitu, pikiranmu akan teralihkan oleh kegiatan lain dan rasa candu terhadap media sosial akan semakin berkurang. (dis)

Sumber: