Geliat Komunitas Bogor Hejo Serius Galakkan Penghijauan di Perkampungan

Geliat Komunitas Bogor Hejo Serius Galakkan Penghijauan di Perkampungan

Ketua Komunitas Bogor Hejo, Amalia Dian Puspitasari saat menanam pohon di salah satu permukiman warga di Kota Bogor.-(Foto: Yudha Prananda/Jabar Ekspres)-

BOGOR, RadarJabar - Komunitas Bogor Hejo terus mendorong penghijauan lingkungan disejumlah wilayah khususnya Kota Bogor yang dikemas dalam bentuk penanaman pohon.

Program itu rutin digalakkan menyasar disetiap perkampungan atau permukiman warga, seperti lahan kosong di pinggir Jalan Sukamulya RT01 RW03, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor disulap menjadi kebun buah-buahan.

Ketua Komunitas Bogor Hejo, Amalia Dian Puspitasari mengatakan, penanaman pohon kali ini dilakukan di area pemukiman padat penduduk, sehingga menjadi tantangan bagi pihaknya untuk menghijaukan kawasan tersebut dengan memanfaatkan lahan yang tak terpakai.

"Di kawasan Sukamulya, Kelurahan Sukasari ini wilayahnya padat penduduk, tapi kami mencari peluang di mana ada lahan yang bisa ditanami, sehingga lahan tersebut menjadi hijau dan cantik untuk dilihat," ungkapnya kepada Jabar Ekspres belum lama ini.

Dia mengaku, di lokasi tersebut pihaknya menaman lebih banyak pohon dari biasanya. Ada tujuh pohon buah yang ditanam di lahan tersebut, di antaranya pohon sirsak, jeruk dan jambu, sesuai permintaan warga.

"Penanaman di Sukamulya berbeda dari biasanya, biasanya kami tanam lima pohon sekarang kami menanam tujuh pohon, karena posisi lahannya cukup bagus. Dan sebagian pohon sudah ada yang berbuah," jelasnya.

Kegiatan itu diikuti juga oleh RAPI Kota Bogor, Citrus Departement Store dan aparatur Kecamatan Bogor Timur dan Kelurahan Sukasari, petugas Bendung Katulampa, mantan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman serta warga setempat.

Usai penanaman itu, sambung dia, diharapkan pengurus wilayah setempat bisa turut memelihara pohon-pohon yang telah ditanam. Bahkan jika membutuhkan pupuk, dirinya meminta untuk segera berkomunikasi dengan Bogor Hejo.

"Iya, kami juga beri pemahaman kepada warga di sini untuk sama-sama merawat dan menjaganya. Sebab banyak manfaat dari pohon, untuk mencegah banjir, erosi dan juga menghasilkan oksigen. Buahnya nanti bisa untuk warga," tandasnya.*** (YUD)

Sumber: Jabar Ekspres